PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG

AYU RIZKY LESTARI, 126211201021 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (961kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Energi Terbarukan Siswa Kelas X SMAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Ayu Rizky Lestari, NIM. 126211201021, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: POGIL, Pemahaman Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis, Energi Terbarukan Pembelajaran fisika di sekolah seringkali dianggap sulit oleh siswa yang menyebabkan kurangnya minat dan keaktifan selama pembelajaran. Selain itu pemilihan model pembelajaran yang tidak sesuai mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan membuat mereka cenderung untuk menghafal, bukan memahami. Kurangnya pemahaman siswa akan berdampak pada kurangnya keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa harus segera diatasi dengan salah satu model yang diterapkan yaitu model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). Model POGIL melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritisnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap pemahaman konsep pada materi energi terbarukan siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung (2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung (3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Quasi Experimental Design dengan deain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model pembelajaran POGIL, sedangkan variabel terikatnya yaitu pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis. Populasinya adalah siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung yang yang berjumlah 327 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-3 berjumlah 38 siswa dan kelas X-6 berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap pemahaman konsep pada materi energi terbarukan siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung pada taraf signifikansi 0,009 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung pada taraf signifikansi 0,006 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan siswa kelas X SMAN 1 Tulungagung pada taraf signifikansi sebesar 0,002 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201021 AYU RIZKY LESTARI
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:33
Last Modified: 04 Oct 2024 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53727

Actions (login required)

View Item View Item