IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG

ELSA AMALIA HARFINDA, 126207201028 (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Elsa Amalia Harfinda dengan NIM 126207201028, pembimbing Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum Merdeka, Mutu Pendidikan Penelitian ini dilatarbelakangi perubahan kurikulum 2013 yang menekankan pendekatan saintifik dan pembelajaran di kelas menjadi kurikulum merdeka yang lebih fleksibel dan sederhana, fokus pada materi esensial, peserta didik dibekali pendidikan karakter dan kompetensi berdasarkan Profil Pelajar Pancasila sesuai perkembangan IPTEK, tuntutan kebutuhan lokal, nasional, dan global. MTsN 4 Tulungagung merupakan madrasah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun pelajaran 2022/2023 dan tergolong madrasah unggulan dengan mutu pendidikan yang baik dibuktikan banyaknya prestasi peserta didiknya dan sering dijadikan rujukan sekolah lanjutan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Memperoleh informasi mengenai perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 4 Tulungagung, 2) Memperoleh informasi mengenai pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 4 Tulungagung, 3) Memperoleh informasi mengenai evaluasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 4 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi. Metode pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi yang diperoleh dari sumber data yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, tim kurikulum, guru, dan waka kesiswaan. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi triangulasi, perpanjangan pengamatan, analisis kasus negatif, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Perencanaan kurikulum merdeka meliputi perancangan kurikulum operasional madrasah sesuai kebutuhan madrasah, perencanaan dan perancangan alur tujuan pembelajaran mengacu pada CP dan TP disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, penggunaan dan pengembangan perangkat ajar dengan menyusun mandiri modul ajar dan UKBM, dan perencanaan P5PPRA dengan mengidentifikasi kebutuhan dan kesiapan madrasah. 2) Pelaksanaan kurikulum merdeka meliputi pelaksanaan P5PPRA yang melibatkan peran aktif peserta didik dan kolaborasi masyarakat, guru merancang pembelajaran diferensial dan berperan sebagai fasilitator, pengarah, dan motivator, kolaborasi sesama guru melalui penyusunan UKBM dan kolaborasi dengan orang tua melalui keterlibatan dalam pembelajaran proyek, pemberian informasi hasil belajar dan kedisiplinan peserta didik. 3) Evaluasi kurikulum merdeka melalui penyusunan rencana kerja madrasah oleh tim pengembang madrasah, asesmen diagnostik untuk mengetahui kompetensi awal peserta didik, asesmen formatif diberikan melalui pertanyaan lisan dan ulangan harian guna merancang pembelajaran selanjutnya, asesmen sumatif untuk mengukur hasil belajar peserta didik terhadap kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tiap 1 semester, 1 tahun, atau akhir jenjang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207201028 ELSA AMALIA HARFINDA
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:10
Last Modified: 30 Sep 2024 01:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53741

Actions (login required)

View Item View Item