KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

MOHAMAD FERDY ARDIANSYAH, 126207203129 (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (921kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tulungagung” ini ditulis oleh Mohamad Ferdy Ardiansyah NIM. 126207203129, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Zuhri, S.Ag., M. Si Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Madrasah Aliyah Darul Hikmah, Peningkatan Kualitas Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tulungagung? (2) Bagaiamana Implementasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tulungagung? (3) Bagaimana Evaluasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalamMeningkatkan Mengoptimalkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Darul HikmahTulungagung? (4) Bagaimana Hasil Kepemimpinan Kepala Madrasah dalamMeningkatkan Mengoptimalkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Darul HikmahTulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk Mendiskripsikan perencanaan Kepemimpinan Kepala Madrasahdalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tulungagung. (2) Untuk Mendiskripsikan Implementasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tulungagung. (3) Untuk Mendeksripsikan Evaluasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalamMeningkatkan Mengoptimalkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Darul HikmahTulungagung. (4) Untuk Menderskripsikan Hasil Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mengoptimalkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Darul HikmahTulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan tiga alur yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala madrasah berperan signifikan dalam peningkatan kinerja guru melalui beberapa strategi utama: pertama, pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan dan workshop berkala, (2) Pemberian motivasi dan penghargaan untuk prestasi guru; ketiga, penerapan sistem evaluasi yang transparan dan adil; serta keempat, membangun komunikasi efektif dan kolaborasi antara guru dan pihak manajemen madrasah, (3) Kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh kepala madrasah turut menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, inovatif, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan, (4) Penerapan efesiensi hasil dari kepemimpinan kepala madrasah dilaksanakan sebagai proses manajemen pendidikan diantaranya: melakukan perencanaan pendidikan yang matang, melakukan koordinasi dan kerja sama yang baik, dan melakukan evaluasi secara berkala. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah yang efektif dapat meningkatkan kinerja guru, yang pada gilirannya berkontribusi positif terhadap kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tulungagung. Oleh karena itu, penting bagi kepala madrasah untuk terus mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan menerapkan strategi-strategi yang mendukung pengembangan profesionalisme guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203129 MOHAMAD FERDY ARDIANSYAH
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:34
Last Modified: 30 Sep 2024 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53764

Actions (login required)

View Item View Item