ADIB ULUMULLUTHFAN, 126201202125 (2024) OPTIMALISASI PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI SUMBER BELAJAR FIQIH KELAS VII DI MTs PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (803kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Optimalisasi Pemanfaatan Masjid Sebagai Sumber Belajar Fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Adib Ulumulluthfan, NIM. 126201202125, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I., M.Pd., NIP. 19930922 202012 2 015 Kata Kunci: Optimalisasi, Pemanfaatan, Masjid, Sumber Belajar, Fiqih. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya Pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih. Dalam proses pembelajaran fiqih biasanya dalam penyampaian materi belajar guru hanya bersumber dari buku paket Fiqih saja, dimana guru hanya menjelaskan materi yang ada dengan kata-kata lebih singkatnya dengan metode ceramah. Dengan begitu kualitas pembelajaran fiqih harus ditingkatkan mengingat isi materinya adalah nilai-nilai penting dalam kegiatan manusia di setiap harinya. Pelaksanaan pembelajaran fiqih di sekolah sudah seharusnya untuk memanfaatkan fasilitas sarana prasarana yang ada di sekolah sebagai sumber belajar. Salah satu fasilitas sekolah yang bisa digunakan sebagai sumber belajar fiqih yaitu masjid sekolah. Dengan memanfaatkan masjid menjadi sumber belajar akan menambah wawasan baru dan juga meningkatkan gairah belajar peserta didik karena pembelajaran tidak dilakukan hanya di dalam kelas saja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan proses validasi. Cek keabsahan data berupa triangulasi, memperpanjang pengamatan, ketekunan penelitian. Fokus penelitian: (1) Bagaimana progam pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih kelas VII di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih kelas VII di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? (3) Apa saja hasil yang diperoleh dalam pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih kelas VII di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung memiliki tiga fungsi utama: sebagai tempat ibadah, sebagai tempat menuntut ilmu, dan sebagai pusat kegiatan keagamaan. (2) Pelaksanaan pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih kelas VII di MTs PSM Tanen Rejotangan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fiqih melalui kegiatan di dalam dan di luar jam mata pelajaran, yaitu: Shalat Dhuha Berjama’ah, Shalat Dhuhur Berjama’ah. (3) Hasil pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih telah membawa dampak positif yang signifikan. Melalui kegiatan pembinaan keagamaan di masjid, siswa mengalami perubahan dalam akhlak dan pemahaman keagamaan yang lebih mendalam. Selain itu, program ini berhasil menciptakan keseimbangan antara pendidikan jasmani dan rohani, serta membentuk pembiasaan positif dalam kegiatan keagamaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Fasilitas Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202125 ADIB ULUMULLUTHFAN |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:19 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53780 |
Actions (login required)
View Item |