OPTIMALISASI PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI SUMBER BELAJAR FIQIH KELAS VII DI MTs PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ADIB ULUMULLUTHFAN, 126201202125 (2024) OPTIMALISASI PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI SUMBER BELAJAR FIQIH KELAS VII DI MTs PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Optimalisasi Pemanfaatan Masjid Sebagai Sumber Belajar Fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Adib Ulumulluthfan, NIM. 126201202125, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Siti Khoirun Nisak, S.Pd.I., M.Pd., NIP. 19930922 202012 2 015 Kata Kunci: Optimalisasi, Pemanfaatan, Masjid, Sumber Belajar, Fiqih. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya Pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih. Dalam proses pembelajaran fiqih biasanya dalam penyampaian materi belajar guru hanya bersumber dari buku paket Fiqih saja, dimana guru hanya menjelaskan materi yang ada dengan kata-kata lebih singkatnya dengan metode ceramah. Dengan begitu kualitas pembelajaran fiqih harus ditingkatkan mengingat isi materinya adalah nilai-nilai penting dalam kegiatan manusia di setiap harinya. Pelaksanaan pembelajaran fiqih di sekolah sudah seharusnya untuk memanfaatkan fasilitas sarana prasarana yang ada di sekolah sebagai sumber belajar. Salah satu fasilitas sekolah yang bisa digunakan sebagai sumber belajar fiqih yaitu masjid sekolah. Dengan memanfaatkan masjid menjadi sumber belajar akan menambah wawasan baru dan juga meningkatkan gairah belajar peserta didik karena pembelajaran tidak dilakukan hanya di dalam kelas saja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan proses validasi. Cek keabsahan data berupa triangulasi, memperpanjang pengamatan, ketekunan penelitian. Fokus penelitian: (1) Bagaimana progam pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih kelas VII di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih kelas VII di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? (3) Apa saja hasil yang diperoleh dalam pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih kelas VII di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung memiliki tiga fungsi utama: sebagai tempat ibadah, sebagai tempat menuntut ilmu, dan sebagai pusat kegiatan keagamaan. (2) Pelaksanaan pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih kelas VII di MTs PSM Tanen Rejotangan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fiqih melalui kegiatan di dalam dan di luar jam mata pelajaran, yaitu: Shalat Dhuha Berjama’ah, Shalat Dhuhur Berjama’ah. (3) Hasil pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih telah membawa dampak positif yang signifikan. Melalui kegiatan pembinaan keagamaan di masjid, siswa mengalami perubahan dalam akhlak dan pemahaman keagamaan yang lebih mendalam. Selain itu, program ini berhasil menciptakan keseimbangan antara pendidikan jasmani dan rohani, serta membentuk pembiasaan positif dalam kegiatan keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202125 ADIB ULUMULLUTHFAN
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:19
Last Modified: 30 Sep 2024 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53780

Actions (login required)

View Item View Item