NGATIFATUN MARDIYYAH, 126205202129 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Untuk Membentuk Karakter Sosial Peserta Didik di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Ngatifatun Mardiyyah, NIM. 126205202129. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing skripsi: Dr. Muniri, M.Pd. Bullying merupakan salah satu tindak kekerasan yang dilakukan baik secara fisik, psikis, maupun mental. Perilaku bullying bisa terjadi di mana saja baik itu di lingkungan rumah, tempat bermain, bahkan di lingkungan pendidikan. Sasaran dari kekerasan tersebut biasanya berimbas kepada orang yang lebih lemah. Banyaknya kasus bullying di sekolah membuat seorang guru harus mempunyai strategi yang tepat untuk mengatasi kasus bullying tersebut. Apabila banyak kasus bullying yang tidak ditangani atau dicegah maka hal tersebut akan mempengaruhi karakteristik sosial peserta didik. Maka dari itu penelitian ini meneliti tentang strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying di MIN 5 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk perilaku bullying yang ada di MIN 5 Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying di MIN 5 Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan, penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan. Sedangkan metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali informasi dan data tentang orang, objek, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku bullying yang ada di MIN 5 Tulungagung yaitu berupa bullying fisik, bullying verbal, bullying relasional dan juga cyber bullying. Kemudian strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying di MIN 5 Tulungagung yaitu dengan memberikan nasehat, memberikan peringatan atau sanksi, pemanggilan orang tua, pemberian skorsing serta kerjasama dengan pihak yang berwajib. Kata Kunci: Strategi Guru, Perilaku Bullying, dan Membentuk Karakter Sosial.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bullying |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202129 NGATIFATUN MARDIYYAH |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 07:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53802 |
Actions (login required)
View Item |