STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI MIN 5 TULUNGAGUNG

NGATIFATUN MARDIYYAH, 126205202129 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Untuk Membentuk Karakter Sosial Peserta Didik di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Ngatifatun Mardiyyah, NIM. 126205202129. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing skripsi: Dr. Muniri, M.Pd. Bullying merupakan salah satu tindak kekerasan yang dilakukan baik secara fisik, psikis, maupun mental. Perilaku bullying bisa terjadi di mana saja baik itu di lingkungan rumah, tempat bermain, bahkan di lingkungan pendidikan. Sasaran dari kekerasan tersebut biasanya berimbas kepada orang yang lebih lemah. Banyaknya kasus bullying di sekolah membuat seorang guru harus mempunyai strategi yang tepat untuk mengatasi kasus bullying tersebut. Apabila banyak kasus bullying yang tidak ditangani atau dicegah maka hal tersebut akan mempengaruhi karakteristik sosial peserta didik. Maka dari itu penelitian ini meneliti tentang strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying di MIN 5 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk perilaku bullying yang ada di MIN 5 Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying di MIN 5 Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan, penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan. Sedangkan metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali informasi dan data tentang orang, objek, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku bullying yang ada di MIN 5 Tulungagung yaitu berupa bullying fisik, bullying verbal, bullying relasional dan juga cyber bullying. Kemudian strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying di MIN 5 Tulungagung yaitu dengan memberikan nasehat, memberikan peringatan atau sanksi, pemanggilan orang tua, pemberian skorsing serta kerjasama dengan pihak yang berwajib. Kata Kunci: Strategi Guru, Perilaku Bullying, dan Membentuk Karakter Sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bullying
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202129 NGATIFATUN MARDIYYAH
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:21
Last Modified: 30 Sep 2024 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53802

Actions (login required)

View Item View Item