ZULHILMI, 12211193039 (2024) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA JAWAAHIRUL HIKMAH. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (943kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Fisika Pada Materi Momentum dan Impuls SMA Jawaahirul Hikmah” ini ditulis oleh Zulhilmi, NIM 12211193039, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Kesulitan belajar, Pemahaman konsep, Momentum dan Impuls. Pemahaman konsep merupakan aspek yang penting dalam pembelajaran terutama fisika. Hasil belajar siswa SMA Jawaahirul Hikmah yang rendah menunjukkan adanya indikasi kesulitan siswa dalam memahami konsep yang diajarkan. Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai gangguan atau hambatan yang dialami siswa selama pembelajaran sehingga tujuan belajarnya tidak dapat tercapai maksimal. Kesulitan belajar dapat disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Kesulitan dalam memahami konsep dapat diketahui melalui kemampuan siswa dalam beberapa indikator pemahaman konsep yaitu interpretasi, memberi contoh, klasifikasi, mengeneralisasi, inferensi, mebandingkan, dan menjelaskan. Untuk mengatasi kesulitan belajar dengan tepat, diperlukan analisis mendalam tentang bagaimana kesulitan belajar yang dialami dan apa faktor yang menyebabkannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kesulitan yang dialami siswa SMA Jawaahirul Hikmah dalam memahami konsep fisika pada materi momentum dan impuls, mengetahui penyebabnya, dan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan pendidik untuk mengatasi kesulitan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan perolehan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul akan dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kesulitan siswa dalam memahami konsep momentum dan impuls secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan persentase 49,7%. Kesulitan pemahaman konsep fisika siswa paling banyak ditemui pada indikator inferensi dengan persentase kemampuan 27%, membandingkan dengan persentase kemampuan 42%, dan menjelaskan dengan persentase kemampuan 44%. Penyebab kesulitan pemahaman yang dialami siswa adalah faktor eksternal yaitu kurangnya variasi yang dilakukan guru selama pembelajaran dan faktor internal yaitu rendahnya minat, motivasi, dan kemampuan intelektual siswa. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah kesulitan siswa yaitu dengan memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang kesulitan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya minat, motivasi dan kemampuan intelektual siswa yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran dengan lebih baik dan menerapkan model dan metode pembelajaran yang lebih sesuai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193039 ZULHILMI |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 01:08 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 01:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53867 |
Actions (login required)
View Item |