KAJIAN KOMUNIKASI PEMASARAN PINJAMAN ONLINE PADA GENERASI MUDA PEREMPUAN DI JAWA TIMUR

SUCI NAILUL IZZA, 126304203174 (2024) KAJIAN KOMUNIKASI PEMASARAN PINJAMAN ONLINE PADA GENERASI MUDA PEREMPUAN DI JAWA TIMUR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan digital telah mengubah berbagai aspek dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kemunculan media saat ini, menempatkan kita terhadap suatu hubungan saling berkesinambungan antar manusia dan media. Adanya media sosial sangat mempengaruhi pola konsumsi masyarakat khususnya generasi muda. Mengamati perilaku konsumsi pada perempuan sangat menarik. Pembeli perempuan merupakan konsumen yang tidak loyal pada satu merek tertentu, suka mencari manfaat ekonomi, dan gengsi. Perilaku konsumsi berlebih seringkali dipicu oleh stimulus eksternal dari kegiatan pemasaran seperti melalui iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, pemasaran langsung dan pemasaran media sosial. Hal ini menyebabkan banyak anak muda menjadi kontributor layanan pinjaman online atau paylater sebagai manajemen keuangan mereka guna memenuhi konsumsi untuk gaya hidup. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana analisis kajian komunikasi pemasaran pinjaman online pada generasi muda perempuan di Jawa Timur. Kajian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pembahasan dikaji menggunakan teori komunikasi pemasaran. Penelitian melibatkan 5 Informan anak muda dari berbagai daerah di Jawa Timur sebagai objek penelitian. Temuan penelitian didapatkan bahwa pemasaran media sosial menciptakan tekanan sosial untuk terus-menerus membeli barang baru dan tren terkini. Selain itu, penggunaan layanan pinjaman online atau paylater menjadi alternatif pengelolaan keuangan anak muda dalam menunjang gaya hidup. Kata Kunci : pemasaran, pinjaman online, generasi muda perempuan

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Ekonomi > Pemasaran
Perempuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304203174 SUCI NAILUL IZZA
Date Deposited: 27 Dec 2024 04:01
Last Modified: 27 Dec 2024 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53885

Actions (login required)

View Item View Item