PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI IBADAH BAGI SISWA DI SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

DYAH AYU SRI MUNTAMAH, 2811133074 (2017) PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI IBADAH BAGI SISWA DI SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai–Nilai Ibadah Siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Dyah Ayu Sri Muntamah, NIM. 2811133074, pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. Kata kunci : Peran Guru PAI, Nilai-Nilai Ibadah. Dalam sebuah proses pendidikan, guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena gurulah yang langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus mendidik dengan nilai-nilai positif melalui bimbingan dan keteladanan. Guru dalam Islam adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik dengan mengupayakan seluruh potensinya, baik potensi afektif, potensi kognitif, maupun potensi psikomotoriknya.Penelitian ini dilatar belakangi karena di zaman globalisasi sekarang, banyak umat islam yang dengan ringan meninggalkan sholatnya. Apalagi untuk siswa yang sebagian besar orang tuanya sibuk bekerja mencari uang dan tidak mengajarakan untuk sholat. Secara otomatis, peserta didik mengikuti kebiasaan orang tua untuk meninggalkan perintah sholat tersebut. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk meneliti peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai ibadah siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung ini yang nantinya diharapkan siswa bisa lebih memahami akan pentingnya nilai-nilai ibadah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai model dan teladan dalam menanamkan nilai-nilai ibadah siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik (education) dalam menanamkan nilai-nilai ibadah siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai ibadah siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui peran guru PAI sebagai model dan teladan dalam menanamkan nilai-nilai ibadah siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. (2) Mengetahui peran guru PAI sebagai pendidik (education) dalam menanamkan nilai-nilai ibadah siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. (3) Mengetahui peran guru PAI sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai ibadah siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data utama (primer) adalah guru PAI dan sumber data kedua (sekunder) adalah siswa. Teknik pengumpilan data menggunakan Observasi partisipatif, wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengecekan keabsahan data yaitu dengan triangulasi, ketekunan pengamatan,dan perpanjang keikutsertaan. Dari hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa (1)Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai model dan teladan dalam menanamkan nilai-nilai ibadah siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung sudah dilaksanakan dan juga berjalan dengan baik yaitu senantiasa berperilaku baik dan juga menjadikan diri seorang guru sebagai suri tauladan bagi siswa-siswinya, agar secara tidak langsung siswa bisa mencontohnya. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik (educator) dalam menanamkan nilai-nilai ibadah siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung sudah dilaksanakan dan juga berjalan sebagaimana mestinya, yaitu melalui pembiasaan, memberikan penguatan dan pemahaman tentang pendidikan agama Islam, memberikan pengertian tentang pentingnya sholat berjamaah dan juga memberi tahu mengenai janji Allah SWT terkait dengan sholat berjamaah, memberikan kegiatan-kegiatan yang bersifat agamis, dan mengajarkan untuk selalu disiplin. (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator dalam menanamkan nilai-nilai ibadah siswa di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung sudah dilaksanakn dan juga berjalan sebagaimana mestinya, yaitu melalui pemberian pemahaman dan menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa tentang nilai-nilai ibadah, pemberian dukungan dan semangat kepada siswa melalui ceramah atau tausiah yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133074 DYAH AYU SRI MUNTAMAH
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:30
Last Modified: 11 Jul 2017 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item