Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Kelas VIII SMPN 2 Campurdarat Tahun Ajaran 2016/2017

Rifda Almas Haqidiyana, 2814133155 (2017) Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Kelas VIII SMPN 2 Campurdarat Tahun Ajaran 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ”Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Kelas VIII SMPN 2 Campurdarat Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Rifda Almas Haqidiyana, NIM. 2814133155, Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung dan dibimbing oleh Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, LKS, Bangun Ruang. Pendidikan berlangsung dan dilaksanakan dalam segala situasi kehidupan. Tujuan pendidikan adalah membangkitkan kesadaran para peserta didik tentang masalah yang dihadapi umat manusia dan mengajarkan kepada mereka keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Mengembangkan keterampilan untuk mengatasi masalah diperlukan suatu pelatihan dan metode yang tepat. Salah satu alternatif yang dapat dipertimbangkan adalah pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). LKS ini didesain untuk membantu siswa berlatih memecahkan masalah keseharian, khususnya pada materi bangun ruang sisi datar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan produk pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan problem based learning (PBL) materi bangun ruang sisi datar untuk SMPN 2 Campurdarat menjadi produk yang valid (2) Untuk mengetahui pengaruh pengembangan bahan ajar LKS dengan pendekatan PBL materi bangun ruang sisi datar terhadap hasil belajar siswa SMPN 2 Campurdarat Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan post test yang diberikan setelah produk selesai diuji cobakan. Proses pengembangan produk ini mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan modifikasi Borg & Gall, yang meliputi 1) Penelitian dan pengumpulan data. 2) Perencanaan. 3) Pengembangan produk awal. 4) Uji coba lapangan awal. 5) Merevisi hasil uji coba. 6) Uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk pengembangan bahan ajar ini mendapat nilai rata-rata hasil validasi bahan ajar sebesar 80,26%, yang berarti bahwa produk pengembangan bahan ajar ini dapat dikatakan sangat valid dan layak untuk digunakan. (2) Penghitungan uji t secara manual terhadap hasil belajar siswa diperoleh thitung = 4,087, dan ttabel = 1,669. Serupa dengan penghitungan menggunakan SPSS 16.0 diperoleh taraf signifikasi 0,000 < 0,05. Selisih nilai rata-rata post test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 8,95. Berdasarkan beberapa hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan produk pengembangan bahan ajar LKS matematika dengan pendekatan PBL terhadap hasil belajar siswa SMPN 2 Campurdarat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133155 Rifda Almas Haqidiyana
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:36
Last Modified: 11 Jul 2017 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5394

Actions (login required)

View Item View Item