PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV B MI WAJIB BELAJAR HIDAYATUT THULLAB KAMULAN DURENAN TRENGGALEK

TIARA HANDINI, 2817133191 (2017) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV B MI WAJIB BELAJAR HIDAYATUT THULLAB KAMULAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (838kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (430kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV B MI WB Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Tiara Handini, NIM. 2817133191, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Audio Visual, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan permasalahan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu rendahnya hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik pada materi Asma>ul H{usna (Al-Mu’min, Al-‘Az}i>m, Al-Ha>di>, Al-‘Adl, Al-H{akam). Hal ini tampak ketika pembelajaran Aqidah Akhlak berlangsung, sebagaian besar peserta didik kelas IV MI WB Hidayatut Thullab tidak memperhatikan penjelasan dari guru. Akibatnya hasil belajar peserta didik kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audio visual yang diharapkan mampu meningkatkan minat belajar Aqidah Akhlak, sehingga hasil belajar Aqidah Akhlak meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asma>ul H{usna (Al-Mu’min, Al-‘Az}i>m, Al-Ha>di>, Al-‘Adl, Al-H{akam) melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audio visual? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asma>ul H{usna (Al-Mu’min, Al-‘Az}i>m, Al-Ha>di>, Al-‘Adl, Al-H{akam) melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audio visual? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asma>ul H{usna (Al-Mu’min, Al-‘Az}i>m, Al-Ha>di>, Al-‘Adl, Al-H{akam) melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audio visual?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak peserta didik kelas IV B MI WB Hidayatut Thullab melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media audio visual. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahapan-tahapan persiklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Indikator keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi peserta didik 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai peserta didik dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asma>ul H{usna (Al-Mu’min, Al-‘Az}i>m, Al-Ha>di>, Al-‘Adl, Al-H{akam). Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kerjasama peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong kurang dengan persentase rata-rata 68,66% dan pada siklus II meningkat menjadi baik dengan persentase rata-rata 83,33%. Kemudian, juga terjadi peningkatan kemampuan keaktifan peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup dengan persentase rata-rata 70% dan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik dengan persentase rata-rata 90%. Sedangkan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 52 dengan persentase ketuntasan 12,5%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 68,43 dengan persentase ketuntasan 43,75% dan setelah siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80,62 dengan persentase ketuntasan 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Leaching and Learning (CTL) dengan media audio visual dapat meningatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas IV B MI WB Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133191 TIARA HANDINI
Date Deposited: 11 Jul 2017 06:54
Last Modified: 11 Jul 2017 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5396

Actions (login required)

View Item View Item