PENGEMBANGAN E – MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ELEKTROKIMIA DI SMA KELAS XII

M SULTAN AKBAR SAMUDERA ATI RIESAL PUTRA, 126212202064 (2024) PENGEMBANGAN E – MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ELEKTROKIMIA DI SMA KELAS XII. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK M. Sultan Akbar Samudera Ati Reisal Putra, 126212202064, 2024, “Pengembangan E–Modul Berbasis Project Based Learning Pada Materi Elektrokimia Di SMA Kelas XII” Skirpsi. Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : E-Modul kimia, Project Based Learning, Elektrokimia Keterbatasan bahan ajar konvensional kimia disekolah yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi elektrokimia. Kurangnya integrasi antara bahan ajar dengan model pembelajaran juga menyebabkan kejenuhan dalam belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang dapat mempermudah pemahaman dan mengurangi kejenuhan siswa terhadap materi elektrokimia. Penggunaan Bahan ajar yang sesuai dengan masalah diatas adalah dengan memanfaatkan teknologi terbaru berupa elektronik, teknologi terbaru mampu memberikan visual dan audio dalam penggunaannya, sehingga peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi kimia. selain itu pemilihan model yang sesuai yaitu dengan menggunakan project based learning yang memiliki keunggulan dalam meningkatkan kecakapan peserta didik dalam pemecahan masalah, meningkatkan kerjasama peserta didik dalam kerja kelompok. Dengan demikian, proses pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan cara pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Project Based Learning Pada Materi Elektrokimia Kelas XII di SMA. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Project Based Learning Pada Materi Elektrokimia Kelas XII di SMA. (3) Untuk mendeskripsikan renspond siswa terhadap E-Modul Kimia Berbasis Project Based Learning Pada Materi Elektrokimia Kelas XII di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara digunakan untuk analisis kebutuhan pengembangan produk. Lembar validasi untuk menguji kevalidan produk yang dilakukan oleh validator ahli yaitu 1 dosen tadris kimia dan 1 Guru mata Pelajaran kimia. angket respon peserta didik digunakan pada tahap uji coba dengan tujuan untuk mengetahui respon peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Srengat. Subjek penelitian 36 siswa serta diujicobakan dalam skala terbatas sebanyak dengan 4 opsi jawaban. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif dari hasil wawancara analisis kebutuhan, dan analisis data kuantitatif dari hasil validasi ahli dan angket respon peserta didik dengan menghitung presentase rata-ratanya. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Project Based Learning Pada Materi Elektrokimia Kelas XII disusun dengan menggunakan tahapan Project Based Learning pada setiap lembar kegiatan dan diberikan soal pemahaman diakhir kegiatan pembelajaran. (2) validasi oleh ahli terhadap E-Modul Kimia Berbasis Project Based Learning Pada Materi Elektrokimia Kelas XII diperoleh nilai rata-rata dari 2 validator sebesar 78,8% dengan kriteria “Valid”. Sehingga E-Modul kimia ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. (3) Hasil angket siswa terhadap E-Modul kimia Berbasis Project Based Learning Pada Materi Elektrokimia Kelas XII diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 86,14% dengan kriteria “Sangat Baik”, sehingga E-Modul kimia ini baik untuk digunakan sebagai bahan ajar siswa dalam proses pembelajaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Kimia
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202064 M SULTAN AKBAR SAMUDERA ATI RIESAL PUTRA
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:33
Last Modified: 08 Oct 2024 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53965

Actions (login required)

View Item View Item