STRATEGI PEMASARAN MADRASAH BERBASIS KULTUR PESANTREN DALAM MEWUJUDKAN KEUNGGULAN (Studi Multi Situs di Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdlatul Ulama dan Madrasah Aliyah Bustanul Muta’alimin Kota Blitar)

SITI USWATUN KASANAH, 12501185036 (2022) STRATEGI PEMASARAN MADRASAH BERBASIS KULTUR PESANTREN DALAM MEWUJUDKAN KEUNGGULAN (Studi Multi Situs di Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdlatul Ulama dan Madrasah Aliyah Bustanul Muta’alimin Kota Blitar). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (514kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (816kB)
[img] Text
KARTU BIMBINGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

SITI USWATUN KASANAH 12501185036; “Strategi Pemasaran Madrasah Berbasis Kultur Pesantren (Studi Multi Situs di Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdlatul Ulama dan Madrasah Aliyah Bustanul Muta’alimin Kota Blitar)” Disertasi Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor I; Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. Promotor II; Prof. Dr. Agus Sujianto, S.E, M.M Kata Kunci: strategi pemasaran, madrasah, kultur pesantren, keunggulan. Disertasi ini dilatarbelakangi adanya persaingan antar madrasah, yang yang memerlukan strategi khusus untuk memenangkan persaingan tersebut. Madrasah yang mampu bertahan dan mampu memenangkan persaingan adalah madrasah yang dapat memilik reputasi, variasi pilihan dan prospek lulusan yang baik dalam mewujudkan keunggulan. Keberhasilan tersebut dicapai melalui proses strategi segmentasi, targeting dan positioning madrasah berbasis kultur pesantren dalam mewujudkan keunggulan di Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdlatul Ulama dan Madrasah Aliyah Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Selain itu, dalam memasarkan madrasah, perlu melihat kebutuhan, keinginan dan referensi masayarakat melalui pendekatan pemasaran yang strategis dan berkesinambungan. Tujuan penelitian ini untuk memahami strategi segmentasi pasar, merumuskan strategi targeting pasar dan menemukan strategi positioning madrasah berbasis kultur pesantren dalam mewujudkan keunggulan di Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdlatul Ulama dan Madrasah Aliyah Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multi situs di Madrasah Aliyah Ma’arif Nahdlatul Ulama dan Madrasah Aliyah Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Sumber data informan dari peristiwa, lokasi dan dokumen. Tehnik penggumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian; 1) Strategi segmentasi yang ada pada kedua madrasah tersebut secara tidak langsung telah melakukan proses klasifikasi segman pasar madrasah dengan berbagai media, namun tanpa didahului riset yang tersistem.; 2) Kedua madrasah tersebut juga telah melakukan identifikasi target pasar, mendata dan mengantisipasi pesaing, memperhatikan permintaan pasar, namun perlu diinfentarisir secara tertulis agar mudah melakukan pendekatan lebih lanjut. ; 3) Strategi positioning di MA Ma’arif NU maupun di MA Bustanul Muta’alimin Kota Blitar dilakukan dengan identifikasi keunggulan madrasah, membangun image “sekolah sambal mondok”, meningkatkan layanan, implementasi pembiasaan budaya pesantren menjadi rutinitas.

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr. 12501185036 Siti Uswatun Kasanah
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:50
Last Modified: 14 Jan 2025 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54010

Actions (login required)

View Item View Item