ZULFA ALIN RARASATI, 12205193140 (2023) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONAL DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (59kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Zulfa Alin Rarasati, NIM. 12205193140, pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Guru Kelas, dan Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya moral peserta didik. Maka dari itu, diperlukan penanaman kecerdasan emosional dalam diri peserta didik. Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenal dan mengelola emosi diri serta mampu menerima dan memahami emosi orang lain. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan peserta didik yang tidak sekadar berintelektual tinggi, namun juga memiliki emosi, etika, dan moral yang luhur, diperlukan adanya kecerdasan emosional pada peserta didik dalamdunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru kelas untuk melatih peserta didik dalam mengenali emosi diri di MI Bendiljati Wetan SumbergempolTulungagung, (2) Untuk mengetahui strategi guru kelas untuk melatih peserta didik dalammengelola emosi di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, (3) Untuk mengetahui strategi guru kelas dalam menumbuhkan rasa empati peserta didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data yang sudah diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan oleh guru kelasuntuk melatih peserta didik dalam mengenali emosi diri di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung adalah dengan memberikan pemahaman tentang emosi serta cara mengelolanya dengan tepat, menerapkan metode pembelajaran reward and punishment, menanggapi emosi peserta didik dengan hangat, dan bersikap sportif kepadapeserta didik. (2) Strategi yang digunakan oleh guru kelas untuk melatih peserta didik dalam mengelola emosi di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung adalah dengan menanamkan sikap mandiri dan tanggung jawab, mengendalikan dan memberikan pengertian kepada peserta didik ketika emosi mereka sedang tinggi, serta menenangkan hati dan jiwa peserta didik dengan mengajak mereka mendekatkan diri kepada Allah. (3) Strategi yang digunakan oleh guru kelas dalam menumbuhkan rasa empati adalah dengan mengapresiasi pencapaian peserta didik, mengajarkan sikap saling tolong-menolong, serta menerapkan metode pembelajaran bermain peran. (4) Faktor pendukung dalam menumbuhkan rasa empati, diantaranya tingkat usia, mood, tingkat pengetahuan, pemahaman emosional, orang tua yang berempati, rasa aman secara emosional, dan temperamen. (5) Faktor penghambat dalam menumbuhkan rasa empati, diantaranya kelelahan emosional, gangguan kepribadian dan perkembangan, kecerdasanemosional yang rendah, sikap pesimis, pengaruh lingkungan, hingga stres berkepanjangan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193140 ZULFA ALIN RARASATI |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 03:04 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54048 |
Actions (login required)
View Item |