Pengaruh Perbedaan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2016 / 2017

Sony Aziz Prananda, 2811133251 (2017) Pengaruh Perbedaan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2016 / 2017. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (960kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB)

Abstract

Sony Aziz Prananda, NIM. 2811133251, 2017. “Pengaruh Perbedaan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek”, Program S1, Program Studi PAI, IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata kunci : Gaya Belajar, Visual, Auditorial, Kinestetik, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Latar belakang penelitian ini didasarkan pada sebuah teori dari Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam bukunya Quantum Learning yaitu : “gaya belajar adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, sekolah, dan dalam situasi antar pribadi”. Dengan memahami gaya belajar, siswa diharapkan dapat memaksimalkan belajarnya, sehingga prestasi belajar yang baik bisa tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. (2) Adakah pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. (3) Adakah pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. (4) Gaya belajar manakah yang lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. (5) Adakah pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. (3) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. (4) Untuk mengetahui Gaya belajar yang lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. (5) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun 2016/2017 dengan menggunakan Stratified Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, sedangkan variabel prestasi belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan dokumentasi sekolah berupa nilai raport. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi pearson product moment, regresi sederhana, regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yang dibuktikan dengan rhasil = 0,514 dengan menunjukkan kekuatan hubungan cukup berarti atau sedang. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yang dibuktikan dengan rhasil = 0,428 dengan menunjukkan kekuatan hubungan cukup berarti atau sedang. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yang dibuktikan dengan rhasil = 0,342 dengan menunjukkan kekuatan hubungan rendah atau lemah. (4) Terdapat gaya belajar yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yang dibuktikan dengan rhasil = 0,514 dan R Square menunjukkan pengaruh kontribusi sebesar 26,4 %. (5) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yang dibuktikan dengan rhasil = 0,560 dengan menunjukkan kekuatan hubungan cukup berarti atau sedang. dan R Square menunjukkan pengaruh kontribusi sebesar 31,3%. Berdasarkan hasil perhitungan, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa, gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133251 Sony Aziz Prananda
Date Deposited: 11 Jul 2017 06:12
Last Modified: 11 Jul 2017 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5405

Actions (login required)

View Item View Item