IMPLEMENTASI METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR AN DI TPQ DARUL HIKMAH KRIAN SIDOARJO

RIZKYA NUR ANNISA, 126201203282 (2024) IMPLEMENTASI METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR AN DI TPQ DARUL HIKMAH KRIAN SIDOARJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB)
[img] Text
LAMPIRAN KONSULTASI PEMBIMBING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

[11.43, 14/10/2024] Ninis PAI H: Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hikmah Krian Sidoarjo” ini ditulis oleh Rizkya Nur Annisa NIM. 126201203282, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhammad Ja’far Asshodiq, S.Kom Kata Kunci: Implementasi Metode Qiroati, Meningkatkan, Kemampuan Membaca. Konteks penelitian ini membahas mengenai metode pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam menerapkan pembelajaran Al-Qur’an di Lembaga Formal maupun non formal.hal ini disebabkan untuk menjaga, memelihara keaslian Al-Qur’an baik dari aspek bacaan. Jika tidak dibarengi dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat, pembelajaran Al-Qur’an tidak akan berkembang dengan baik. Salah satu metode yang diperkenalkan di beberapa Pendidikan adalah metode qiroati. Terdapat banyak sekali Lembaga formal maupun non formal yang sukses menggunakan metode qiroati salah satunya TPQ Darul Hikmah Krian Sidoarjo, yang telah berhasil menerapkan metode yang tepat terhadap para santri. Di TPQ Darul Hikmah Krian Sidoarjo merupakan implementasi terbaik dan menghasilkan anak khotam pada usia dini dan melanjutkan menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu peneliti akan mendeskripsikan lebih dalam lagi mengenai implementasi metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses perencanaan metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hikmah Krian Sidoarjo ? (2) Bagaimana implementasi metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hikmah Krian Sidoarjo ? (3) Bagaimana evaluasi metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Hikmah Krian Sidoarjo ?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti dan triangulasi (teknik/metod e dan sumber). Sedangkan analisis data yang dilakukan yaitu Langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mengikuti kebijakan pusat qiroati 5 jilid, penentuan target, Lembaga Pendidikan dewasa, Majelis Muallimil Qur’an, jadwal kegiatan belajar mengajar dan administrasi kelas. (2) Implementasi metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di bagi perkelas seusai dengan kemampuan sebelum masuk kelas dilakukan baris selama 15 menit membaca materi tambahan, peraga awal selama 15 menit, individual selama 30 menit dan peraga akhir selama 15 menit. (3) Evaluasi metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dilakukan dengan berbagai [11.43, 14/10/2024] Ninis PAI H: tahapan evaluasi kenaikan halaman ditentukan oleh guru, pada Lembaga, imtas kecamatan, imtas kabupaten,yang terakhir khotaman dan imtihan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203282 RIZKYA NUR ANNISA
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:00
Last Modified: 15 Oct 2024 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54106

Actions (login required)

View Item View Item