IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KITAB FATḤUL QORĪB SANTRI PONDOK PESANTREN UMMUL KHOIR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

ISNA LAILA AZIZAH, 126201202171 (2024) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KITAB FATḤUL QORĪB SANTRI PONDOK PESANTREN UMMUL KHOIR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
DFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)

Abstract

Ilmu fiqih merupakan salah satu fan keilmuan yang sering kali kita terapkan dalam kehidupan kita. Karena, di dalam ilmu fiqih tersebut mencakup segala keilmuan dan tata cara ibadah yaumiyyah kita. Baik dalam hal bersuci, sholat, zakat, haji, muamalah, nikah dan bab-bab yang lain. Pentingnya mengenal, memahami dan menerapkan ilmu tersebut, maka Pondok Pesantren Ummul Khoir yang notabenya adalah pondok salaf menjadikan metode sorogan menjadi salah satu metode untuk memperdalam dan meningkatkan kemamampuan pemahaman santri terhadap ilmu fiqih terutama kitab fathul qroib. Dengan metode ini, terbukti bahwa kecerdasan intelektual terkait ibadah ibadah yaumiyyah santri meningkat. Tujuan penelitian ini diantaranya: (1) Mendeskripsikan perencanaan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman kitab fatḥul qorīb pada santri pondok pesantren Ummul Khoir Kedungwaru (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman kitab fatḥul qorīb pada santri pondok pesantren Ummul Khoir Kedungwaru (3) Mendeskripsikan evaluasi metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman kitab fatḥul qorīb pada santri pondok pesantren Ummul Khoir Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari ustadz/ustadzah madin, ketua madin, santri madin, serta pengurus Pondok Pesantren Ummul Khoir. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi (waktu, dan sumber), serta pembahasan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan metode sorogan dilakukan dengan 5 langkah, yaitu: Ustazah merumuskan tujuan khusus (goals) yang harus dicapai santri, menentukan jadwal kegiatan kapan dilaksanakanya pemebelajaran metode sorogan, melakukan penyeleksian santri yang akan masuk kelas fatḥul qorīb, memberikan alat dan bahan sebagai penunjang keberhasilan santri serta memberikan fasilitas umum yang dapat digunakan ustazah maupun santri. (2) Proses pelaksanaan sorogan dimulai setelah adanya bunyi bel dengan penerapan cara belajar diskusi kelompok kecil dan kelompok, ustazah memberikan maqro’ pada jam santri melaksanakan sorogan sekaligus menentukan ro’is, dilanjut perwakilan setiap kelompok melaksanakan presentasi terhadap maqro’ yang telah dimuthola’ahi, Ustazah melakukan pembetulan makna jika santri melakukan kesalahan ketika menyorogan hasil muthola’ahnya. (3) Evaluasi sorogan dilaksanakan setiap akhir semester dengan cara test lisan ataupun melihat perkembangan santri selama pemebelajaran sorogan, hasil ujian qiroatul kutub santri diakhir semester bagus dan meningkat, Kemampuan membaca kitab kuning santri, dan kefahaman mereka terhadap kitab fatḥul qorīb meningkat, hubungan komunikasi yang terjalin antara ustazah dan santri semakin erat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202171 ISNA LAILA AZIZAH
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:38
Last Modified: 17 Oct 2024 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54109

Actions (login required)

View Item View Item