PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SETIA WULAN DARI, 2817133178 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (469kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif melalui Strategi Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sembergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Setia Wulandari, NIM. 2817133178, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh H.Muh.Nurul Huda,MA Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Crossword Puzzle, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Fiqih di MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini, peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif dengan melalui strategi Crossword Puzzle. Penerapan model Pembelajaran Kooperatif melalui strategi Crossword Puzzle dalam pembelajaran diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Fiqih, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran Fiqih pokok Infak dan Sedekah melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif melalui strategi Crossword Puzzle kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Infak dan Sedekah melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif melalui Strategi Crossword Puzzle kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Infak dan Sedekah melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif melalui Strategi Crossword Puzzle kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Infak dan Sedekah melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Melalui Strategi Crosswoqrd Puzzle kelas IV B MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Infak dan Sedekah melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif melalui Strategi Crossword Puzzle kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Infak dan Sedekah melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif melalui Strategi Crossword Puzzle kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas dan penelitian ini sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan (planning), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap obsrvasi (observe), dan (4) tahap refleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung yang terdiri atas 11 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunkan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran fiqh, respon peserta didik, keadaan peserta didik, dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Infak dan Sedekah. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kerjasama peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong kurang dengan prosesntase rata-rata 68,66% dan pada siklus II meningkat menjadi baik dengan prosentase rata-rata 82,66%. Kemudian, juga terjadi peningkatan kemampuan keaktifan peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup dengan prosesntase rata-rata 70% dan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik dengan prosentase rata-rata 90%. Sedangkan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 56 dengan prosentase ketuntasan 20% , dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 71,50 dengan prosentase ketuntasan 65% dan setelah siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 82,70 dengan prosentase ketuntasan 90%. Dengan demian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif melalui Strategi Crossword Puzzle dapat meningatkan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133178 SETIA WULAN DARI
Date Deposited: 12 Jul 2017 02:27
Last Modified: 12 Jul 2017 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5412

Actions (login required)

View Item View Item