IMPLEMENTASI PROGAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER VISIONER SANTRI (STUDI KASUS PESANTREN SALAF NURUL ULUM KOTA BLITAR)

FITA DEWI LESTARI, 12201183238 (2024) IMPLEMENTASI PROGAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER VISIONER SANTRI (STUDI KASUS PESANTREN SALAF NURUL ULUM KOTA BLITAR). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Progam Tahfidz Al-qur’an dalam Membentuk Karakter Visioner Santri dengan Studi Kasus di Pondok Pesantren Salaf Nurul Ulum Kota Blitar” ditulis oleh Fita Dewi Lestari, NIM, 12201193238, Progam studi Pendidikan Agama Islam, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing:Dr. Hj. Chusnul Chatimah, M. Ag. Kata Kunci: Implementasi, Karakter Visioner, Santri, Progam Tahfidz Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya opini masyarakat yang mengatakan bahwa anak pesantren tidak bisa imbang antara mengaji dan sekolah maka perlu adanya sebuah kegiatan yang berfungsi sebagai perantara penanaman karakter yang kuat agar anak-anak pondok pesantren mampu mengimbangi antara agama dengan pengetahuan umum. focus penelutian ini adalah 1)bagaimana tujuan progam tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren salaf Nurul Ulum Kota Blitar?, 2)bagaimana penerapan progam tahfidz Qur’an di pondok pesantren salaf Nurul Ulum Kota Blitar?, 3)bagaimana kendala dan solusi progam tahfidz Qur’an di pondok pesantren salaf Nurul Ulum Kota Blitar?. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuatitatif-deskriptif, melalui pendekatan fenomenologi, menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara mendalam. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangualasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1)tujuan progam tahfidz Qur’an Pondok pesantren Salaf Nurul Ulum Kota Blitar adalah menciptakan hafidz dan hafidzah yang berakhlakul karimah dimana saja dan kapan saja, 2)proses penerapan progam tahfidz Qur’an di pondok pesantren salaf nurl ulum kota Blitar memiliki tiga tahap yakni, proses persiapan, pelaksanaan serta pengaplikasian, 3)kendala dan solusi dari progam tahfidz Qur’an pondok pesantren salaf nurul ulum kota blitar adalah sulitnya bangunpagi pada santri putra serta solusinya adalah kegiatan mengupyak. Hasil penelitian bahwa implementasi proga m tahfidz di pondok pesantren salaf Nurul Ulum kota blitar menggunakan tahap pembentukan karakter berupa keteladanan, pembiasaan, serta motivasi yang akhirnya membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, serta nilai luhur yang disandarkan pada karakter santri yang diimplementasikan dalam setiap rangkaian kegiatan progam tahfidz Qur’an untuk mencapai tujuan progam tahfidz qur’an pondok pesantren salaf Nurul Ulum Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183238 FITA DEWI LESTARI
Date Deposited: 17 Oct 2024 07:34
Last Modified: 17 Oct 2024 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54134

Actions (login required)

View Item View Item