ALFINA SALSA RATNADILLA, 126207203125 (2024) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MTs NEGERI 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kedisplinan Siswa Kelas VII MTs Negeri 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Alfina Salsa Ratnadilla, NIM. 126207203125, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Budaya Sekolah, Kedisiplinan Siswa Budaya sekolah merupakan nilai-nilai yang melandasi perilaku, tradisi yang dilakukan di sekolah. Budaya sekolah diyakini dapat membentuk kepribadian dan kedisiplinan siswa. Budaya sekolah sering dikaitkan dengan kedisiplinan siswa di sekolah, karena kedisiplinan siswa dapat terbentuk dengan adanya penerapan budaya sekolah yang baik. Di lingkungan sekolah banyak terjadi permasalahan kedisiplinan yang tertuju pada usia anak menuju remaja, karena seusia tersebut banyak siswa yang ingin menemukan jati diri yang berujung pada kenakalan remaja dan kekerasan sesama teman di lingkungan sekolah. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di MTs Negeri 7 Tulungagung sebagai objek penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya pengaruh budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa dan seberapa besar pengaruh budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas VII MTs Negeri 7 Tulungagung?. (2) Seberapa besar pengaruh budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas VII MTs Negeri 7 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Data yang digunakan berupa data primer dari angket yang dibagikan kepada siswa kelas VII MTs Negeri 7 Tulungagung Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah sampel sebanyak 37 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas VII MTs Negeri 7 Tulungagung yang dibuktikan dari nilai signifikasi untuk variabel kedisiplinan siswa adalah 0,000 dan nilai tersebut tidak lebih besar dari pada probabilitas 0,05 (0,000< 0,05), maka budaya sekolah berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa. (2) Besaran pengaruh signifikan antara budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas VII MTs Negeri 7 Tulungagung yang dibuktikan dari besarnya nilai korelasi/hubungan R sebesar 0,978 dan besarnya pengaruh koefisien determinasi budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa yang merupakan penguadratan dari R ditunjukkan dalam kolom R square sebesar 0,956. Maka besaran pengaruh yang didapatkan yaitu 95,6%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203125 ALFINA SALSA RATNADILLA |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 06:48 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54163 |
Actions (login required)
View Item |