PENGARUH TEKNIK PROBING PROMPTING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK ISLAM 2 DURENAN

UBAIDILLAH NASHRUL HAQ, 2814133190 (2017) PENGARUH TEKNIK PROBING PROMPTING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK ISLAM 2 DURENAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Probing Prompting dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Islam 2 Durenan” ini ditulis oleh Ubaidillah Nashrul Haq (2814133190) Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwo Widodo, M.Pd. Kata kunci : Teknik Probing Prompting, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh teknik probing prompting dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Kajian ini dilatar belakangi oleh kurangnya semangat siswa dalam belajar matematika, kurangnya pengorganisasian isi materi pelajaran yang membuat siswa merasa sulit memahami materi dalam pelajaran matematika, metode yang digunakan masih monoton siswa yang hanya diperbanyak latihan soal, kurangnya interaksi guru dengan siswa sehingga siswa hanya mendengarkan penjelasan guru. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan siswa secara aktif, menyenangkan dan efektif sehingga siswa dapat mudah menghadapi kesulitan-kesulitan dalam belajar matematika. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan teknik probing prompting dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan, dan melihat tingkat motivasi siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh teknik probing prompting terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan?. (2) Apakah ada pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan?. (3) Apakah ada pengaruh teknik probing prompting dan tingkat motivasi terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk Untuk mengetahui pengaruh teknik probing prompting terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan. (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan. (3) Untuk mengetahui pengaruh teknik probing prompting dan tingkat motivasi terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Angket dilakukan untuk mengetahui tingkat motivasi dalam belajar matematika tanpa adanya perlakuan yang diduga ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika. tes untuk melihat nilai hasil belajar matematika siswa. Pola penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik probing prompting dan tingkat motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar, variabel bebasnya adalah teknik probing prompting dan variabel moderator adalah motivasi. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling (sampel acak kelompok) ialah sampel acak sederhana dimana setiap sampling ini terdiri dari kumpulan atau kelompok elemen. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 79 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Islam 2 Durenan pada tanggal 16-19 Januari 2017. Metode analisis data penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan uji anava dua jalur. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa Fhitung = 22,473 dan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 75 diperoleh nilai Ftabel = 3,97. Maka karena Fhitung ≥ Ftabel yaitu 22,473 ≥ 3,97 dan taraf signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,000 ≤ 0,05, H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik probing prompting terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan. Selanjutnya, Fhitung = 80,087 dan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 75 diperoleh nilai Ftabel = 3,97. Maka karena Fhitung ≥ Ftabel yaitu 80,087 ≥ 3,97 dan taraf signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,000 ≤ 0,05, H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan. Yang terakhir, Fhitung = 7,186 dan taraf signifikansi 0,009. Sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikansi 5% serta df pembilang 1 dan df penyebut 75 diperoleh nilai Ftabel = 3,97. Maka karena Fhitung ≥ Ftabel yaitu 7,186 ≥ 3,97 dan taraf signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,009 ≤ 0,05, H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik probing prompting dan tingkat Motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Islam 2 Durenan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133190 UBAIDILLAH NASHRUL HAQ
Date Deposited: 11 Jul 2017 08:03
Last Modified: 11 Jul 2017 08:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5419

Actions (login required)

View Item View Item