ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMAN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

ALAMSYAH ESSA SYAERENDRA, 12208173125 (2022) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMAN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (866kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Pembelajaran Daring PADA Materi Virus di Kelas X SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Alamsyah Essa Syaerendra, NIM 12208173125 dengan dosen pembimbing Arbaul Fauziah, M.Si. Kata kunci : Pembelajaran daring, perencanaan pembelajaran, penerapan pembelajaran, evaluasi pembelajaran Pandemi Virus Corona (Covid-19) merupakan salah satu bencana global yang mengakibatkan terganggunya beberapa sektor bidang, salah satunya pada bidang pendidikan yaitu dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran yang semulanya dapat dilakukan secara langsung dengan tatap muka antara Guru (Pendidik) dan siswanya, akibat adanya Covid-19 maka diberlakukan metode pembelajaran baru yang disebut dengan metode daring (dalam jaringan). Metode tersebut diterapkan pada bidang pendidikan di Indonesia bertujuan agar dapat mengurangi efek penularan dari Covid-19. Metode daring (yang dilakukan secara online) ini sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan kegiatan belajar secara langsung seperti di sekolah, metode ini jika harus diaplikasikan untuk kegiatan belajar mengajar masih terkesan baru di kalangan guru maupun siswanya. Selain itu, dalam penerapannya setiap Guru (Pendidik) pasti memiliki kesulitan tersendiri dalam pengaplikasiannya pada kegiatan belajar mengajar, salah satunya pada mata pelajaran Biologi yang banyak melakukan kegiatan praktikum secara langsung, guru haruslah mengolah kembali Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengubah metode pembelajarannya, dan tentunya Guru juga harus memiliki pemahaman yang lebih terhadap metode tersebut agar dapat disampaikan kepada siswa secara maksimal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Perencanaan pembelajaran daring oleh guru mata pelajaran Biologi SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung, (2) Pelaksanaan pembelajaran daring oleh guru mata pelajaran Biologi SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung, serta (3) Evaluasi pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru mata pelajaran biologi di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Pertama, observasi dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar daring pada mata pelajaran Biologi sedang berlangsung (melalui pemantauan secara online) dan peneliti juga menyebarkan angket kepada siswa untuk mengetahui pendapat siswa mengenai kegiatan pembelajaran daring. Kedua, wawancara terstruktur yang ditujukan kepada Guru pengampu mata Pelajaran Biologi SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung mengenai kegiatan pembelajaran daring dan peingkatan mutu siswa. Ketiga, dokumentasi yang dilakukan saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan saat wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Persiapan guru pelajaran biologi pada pembelajaran daring tidak berbeda jauh dengan pembelajaran tatap muka, seperti membuat RPP sebagai acuan dalam pembelajaran, membuat media belajar dalam bentuk PPT maupun video untuk membantu siswa dalam memahami materi Virus. Namun guru dan pihak sekolah tetap melakukan sosialisasi terlebih dahulu dikarenakan metode pembelajaran daring yang masih terbilang baru. SMAN 1 Kedungwaru mengadakan sosialisasi terkait dengan perencanaan pelaksanaan pembelajaran daring yang diwakilkan oleh beberapa aplikasi online yang disini disebut platform oleh google yang biasa diunduh menggunakan aplikasi play store secara gratis. Pihak guru biologi sendiri selain memanfatkan program dari sekolah juga membuat program mandiri seperti UKMB untuk menunjang kegiatan praktikum di kelas biologi. (2) Pelaksanaan pembelajaran daring oleh guru pelajaran biologi di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung memanfaatkan media visual untuk menunjang proses praktikum karena daya tangkap siswa terhadap materi akan lebih cepat ditangkap dan dipahami. Selain itu guru juga menggunakan media sosial, seperti google class room untuk pengumpulan tugas google meet untuk melakukan tatap muka secara daring dan penggunakan youtube untuk sarana edukasi dan whatss app untuk sarana komunikasi. (3) Evaluasi pembelajaran daring oleh guru pelajaran biologi di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung sedikit berbeda karena guru tidak bisa memantau secara langsung kondisi dan perilaku siswa. Selain itu guru hanya mengacu pada nilai akhir sebagai cara untuk mengevaluasi termasuk dengan mengecek absensi kehadiran dan sikap siswa ketika mengikuti pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173125 ALAMSYAH ESSA SYAERENDRA
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:27
Last Modified: 24 Oct 2024 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54235

Actions (login required)

View Item View Item