PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS APLIKASI SPINNER TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DAN KEAKTIFAN SISWA MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ALMA NUR MUSTOFA, 126205201010 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS APLIKASI SPINNER TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DAN KEAKTIFAN SISWA MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (661kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (799kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Berbasis Aplikasi Spinner Terhadap Keterampilan Berbicara dan Keaktifan Siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Alma Nur Mustofa, NIM 1262050201010, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibridaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Arpinda Syifa’a Awalin. S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Metode Talking Stick, keterampilan berbicara, keaktifan Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam berbicara dan kurangnya inovasi dalam metode yang digunakan dalam pembelajaran sehari-hari. Oleh karena itu untuk meningkatkan keterampilan dalam berbicara dan keaktifan siswa, peneliti menerapkan sebuah metode pembelajaran talking stick berbasis aplikasi spinner dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung pada kelas V. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran talking stick berbasis aplikasi spinner terhadap keterampilan berbicara siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? 2) Adakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran talking stick berbasis aplikasi spinner terhadap keaktifan siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana proses atau tahapan penggunaan metode pembelajaran talking stick berbasis aplikasi spinner terhadap keterampilan berbicara dan keaktifan siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode pembelajaran talking stick berbasis aplikasi spinner terhadap keterampilan berbicara siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode pembelajaran talking stick berbasis aplikasi spinner terhadap keaktifan siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. 3) Mengetahui proses atau tahapan penggunaan metode pembelajaran talking stick berbasis aplikasi spinner terhadap keterampilan berbicara dan keaktifan siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimen one group pretest-posttest. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Ada pengaruh signifikan metode pembelajaran talking stick berbasis aplikasi spinner terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V MI Bendiljati Wetan dengan taraf signifikansi 0,001. 2) Ada pengaruh signifikan metode pembelajaran talking stick berbasis aplikasi spinner terhadap keaktifan siswa kelas V MI Bendiljati Wetan dengan taraf signifikansi 0,001. 3) Ada pengaruh signifikan metode pembelajaran talking stick berbasis aplikasi spinner terhadap keterampilan berbicara dan keaktifan siswa kelas V MI Bendiljati Wetan dengan taraf signifikansi 0,001.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201010 ALMA NUR MUSTOFA
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:53
Last Modified: 23 Oct 2024 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54239

Actions (login required)

View Item View Item