DEVI RENISA RARA SANTI, 12205193165 (2024) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS, DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (79kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi. “Peran Guru Dalam Membentuk Nilai-Nilai Karakter Religius, Disiplin, dan Tanggung Jawab Siswa MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung”ini ditulis oleh Devi Renisa Rara Santi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM : 12205193165 Tahun 2024 di bimbing oleh Wahyu Agustina, M.Psi. Kata kunci : Peran Guru, Nilai-Nilai Karakter, Siswa Peran guru sangat penting karena guru merupakan sebagai sumber pengetahuan dan belajar peserta didik. Karena besarnya peran guru sehingga tinggi rendahnya nilai karakter bahkan mutu pendidikan dikembalikan kepada guru. Peserta didik sendiri memiliki minat yang sedikit terhadap peningkatan nilai karakter. Hal itu mempengaruhi tinggi rendahnya karakter peserta didik, karena kurangnya minat dan motivasi nilai karakter peserta didik dalam peningkatan yang sesuai dengan diterapkan di madrasah. Motivasi sendiri berfungsi sebagai pendorong untuk mencapai hasil yang baik. Penelitian ini penting karena dengan adanya peran guru dalam membentuk motivasi dan mengetahui nilai karakter siswa di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung pastinya siswa akan mencapai nilai karakter yang diinginkan. Fokus pada penelitian ini yaitu 1). Bagaimana peran guru dalam membentuk nilai religius siswa MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung?, 2). Bagaimana peran guru dalam membentuk nilai disiplin siswa MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung, dan 3). Bagaimana peran guru dalam membentuk nilai tanggung jawab siswa MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini yaitu 1). Penerapan nilai karakter religius siswa dengan membuat suasana pembiasaan yang menyenangkan dikelas, memberikan hukuman efek jera kepada siswa yang melanggar aturan madrasah kemudian pembentukan dan penanaman nilai keteladanan dalam bentuk ucapan sikap, dan tindakan. 2). Penerapan pembentukan nilai karakter disiplin siswa yaitu memberikan dorongan motivasi dan menciptakan hubungan yang baik antara guru dan siswa kemudian ditanamkan tahaptahap untuk menguatkan karakter disiplin. 3). Penerapan nilai karakter tanggung jawab siswa dengan pembentukan kompetisi supaya peserta didik lebih giat dan rajin untuk meningkatkan motivasinya kemudian diterapkan dalam bentuk metode-metode yang dikaitkan di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193165 DEVI RENISA RARA SANTI |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:48 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54284 |
Actions (login required)
View Item |