HANNA NUR MAHMUDAH, 12205173094 (2023) HUBUNGAN BUDAYA KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MI QU AL-BAHJAH LOREJO BAKUNG BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (580kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (610kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Hubungan Budaya Kedislipinan Peserta Didik Terhadap Keaktifan Belajar dan Prestasi Belajar Peserta Didik MI QU Al-Bahjah Lorejo Bakung Blitar” Ini ditulis oleh Hanna Nur Mahmudah, NIM. 12205173094, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Satu Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Mochammad Arif Faizin, M. Ag Kata kunci : Hubungan Kedislipinan, Keaktifan Belajar dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Beragam kebiasaan belajar peserta didik berpengaruh besar terhadap prestasi belajarnya. Peserta didik yang disiplin kebanyakan memiliki prestasi belajar yang tinggi, dan begitu juga sebaliknya. Dengan demikian kedisiplinan dapat mengontrol perilaku peserta didik agar dapat tercapai proses pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik dan dapat menghasilkan hasil yang baik. Fokus penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan yang singnifikan budaya kedisiplinan siswa terhadap keaktifan belajar peserta didik MI QU Al Bahjah Lorejo Bakung Blitar ? (2) Adakah hubungan yang singnifikan budaya kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar peserta didik MI QU Al Bahjah Lorejo Bakung Blitar ? (3) Apakah terdapat hubungan singnifikan secara bersama antara budaya kedisiplinan siswa terhadap keaktifan belajar dan prestasi peserta didik MI QU Al Bahjah Lorejo Bakung Blitar ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitianya adalah korelasional. populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III, IV, V yang berjumlah 80 peserta didik. Sampel dari populasi yaitu sebanyak 42 Responden. Sumber Data penelitian ini adalah responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Budaya kedisiplinan terhadap keaktifan belajar menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) pada kolom keaktifan belajar sebesar 0,014 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan jika ada hubungan budaya kedisiplinan terhadap keaktifan belajar. 2) Budaya kedisiplinan terhadap hasil belajar menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) pada kolom keaktifan belajar sebesar 0,006 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H2 diterima. Jadi dapat disimpulkan jika ada hubungan budaya kedisiplinan terhadap hasil belajar. 3) Budaya kedisiplinan terhadap keaktifan dan hasil belajar memiliki nilai Sig.(2-tailed) pada kolom budaya kedisiplinan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H3 diterima. Jadi dapat disimpulkan jika ada hubungan budaya kedisiplinan terhadap keaktifan dan hasil belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173094 HANNA NUR MAHMUDAH |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:15 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54292 |
Actions (login required)
View Item |