VEVI LAILATUL BADRIYAH, 2814133195 (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING DAN JIGSAW DI KELAS XI IIS MAN KUNIR TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (527kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Badriyah, Vevi Lailatul 2814133195, Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Learning dan Jigsaw di Kelas XI IIS MAN Kunir Tahun Pelajaran 2016 – 2017, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I Kata Kunci : Hasil Belajar, Inquiry Learning dan Jigsaw Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tugas dan peran penting guru dalam proses pembelajaran antara lain, menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran, merencanakan dan menyiapkan pelajaran setiap hari, mengontrol dan mengevaluasi kegiatan siswa. Berdasarkan alasan tersebut maka sangatlah penting bagi para pendidik untuk memahami karakteristik materi, peserta didik, dan model pembelajaran dalam proses pembelajaran terutama berkaitan dengan pemilihan model-model pembelajaran. Misalnya dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning. Melalui model pembelajaran inquiry learning siswa dilatih untuk menemukan konsep-konsep matematika secara berkelompok. Selain itu peneliti juga menggunakan model pembelajaran jigsaw. Disini model pembelajaran jigsaw dalam penerapannya dibentuk secara berkelompok dengan tujuan pembelajaran lebih kepada penguasaan konsep. Kedua model pembelajaran tersebut sama-sama menitik beratkan pada keaktifan siswa. Siswa tidak hanya mempelajari apa yang disampaikan oleh guru, namun secara aktif menemukan sendiri dan mempelajari secara mandiri materi yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning dan jigsaw di kelas XI IIS MAN Kunir Blitar. (2) Untuk mengetahui besar perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning dan jigsaw di kelas XI IIS MAN Kunir Blitar. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IIS MAN Kunir dan sampel yang diambil ada dua kelas yaitu kelas XI IIS-1 dengan jumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IIS-2 dengan jumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Lembar observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan peneliti sebelum penelitian dan selama penelitian berlangsung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran inqiury learning dan jigsaw. Metode analisis terdiri dari dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Anailisis awal berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan uji z. Berdasarkan analis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 〖z 〗_tabel=1,645<〖z 〗_hitung=3,0436, maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ada perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika (ukuran pemusatan) dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning dan jigsaw di kelas XI IIS MAN Kunir”. (2) Rata-rata nilai kelas eksperimen 1 adalah 87,90 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 adalah 82,00. Sehingga “besar perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika (ukuran pemusatan) dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning dan jigsaw di kelas XI IIS MAN Kunir adalah 7,19%”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning dan jigsaw di kelas XI IIS MAN Kunir tahun pelajaran 2016 – 2017.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133195 VEVI LAILATUL BADRIYAH |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 04:36 |
Last Modified: | 13 Jul 2017 04:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5434 |
Actions (login required)
View Item |