Gaguk, Resbiantoro and Aldila Wanda, Nugraha (2017) Bukti Korespondensi Artikel Ilmiah "Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Dasar Gaya dan Gerak untuk Sekolah Dasar". Chemistry Education, Muhammadiyah Semarang University, Indonesia.
Text
Gaguk_BUKTI KORESPONDENSI_JPS.docx Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megidentifikasi miskonsepsi mahasiswa tentang konsep dasar gaya dan gerak untuk sekolah dasar. Instrumen yang digunakan adalah four-tier test terdiri dari sepuluh poin pertanyaan pilihan ganda. Dengan instrumen ini, dapat ditentukan klasifikasi mahasiswa yang paham konsep, tidak paham konsep, dan yang mengalami miskonsepsi, serta juga dapat diidentifikasi kemungkinan penyebab miskonsepsinya. Tes dilakukan pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar yang menempuh mata kuliah konsep dasar IPA SD di perguruan tinggi di Tulungagung. Hasil penelitian ini mampu menentukan: (1) profil miskonsepsi konsep dasar gaya dan gerak, yaitu pada konsep resultan gaya pada benda stasioner adalah sebesar 26%; konsep kelembaman benda sebesar 44%; konsep pengaruh resultan gaya yang searah gerak benda sebesar 38%; serta konsep pengaruh resultan gaya yang berlawanan arah gerak benda sebesar 33%; (2) rata-rata sumber pengetahuan mahasiswa yang mengalami miskonsepsi adalah 19% dari guru, 4% dari buku, 38% dari pengalaman sehari-hari, dan 39% dari hasil pemikiran sendiri. Hasil ini memberikan implikasi perlunya dilakukan inovasi tentang strategi pembelajaran, media pembelajaran, maupun substansi materi pembelajaran konsep dasar IPA SD untuk remidiasi miskonsepsi.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Artikel Dosen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 77870190878234300 Gaguk Resbiantoro, S.Si., M.Pd. |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 06:49 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 06:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54346 |
Actions (login required)
View Item |