EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 POGALAN

YANNA DYAH CIPTANINGRUM, 2814133201 (2017) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 POGALAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (409kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) menggunakan Pendekatan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pogalan” ini ditulis oleh Yanna Dyah Ciptaningrum, NIM. 2814133201,yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, PendekatanOpen-Ended, Hasil Belajar. Fenomena pembelajaran saat ini, siswa kurang aktif dan kurang berkonsentrasi dalam belajar. Pemilihan metode pembelajaran yang kurang menarik membuat siswa cenderung pasif, karena siswa hanya menerima materi yang diajarkan guru dan tidak mau bertanya. Sehingga ketika dihadapkan dengan suatu masalah siswa akan mengalami kesulitan dan akan berdampak pada hasil belajar siswa. Melihat keadaan tersebut, maka peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran creative problem solving menggunakan pendekatan open-ended yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: (1)untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap flexibility dan fluency,(2) untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran creative problem solving (CPS)menggunakan pendekatan open-ended terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Pogalan, dan (3) untuk mengetahui besarnya efektifitas model pembelajaran creative problem solving (CPS)menggunakan pendekatan open-ended untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Pogalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pogalan yang berjumlah 311 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving menggunakan pendekatan open-endeddan kelas VIII I sebagai kelas kontrol dengan menerpakan pembelajaran konvensional.Dalam penelitian ini, metode pengambilan data melalui metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data terkait data sekolah, data siswa, dan foto pelaksanaan pembelajaran. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)langkah-langkah model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap flexibility dan fluency antara lain; (a) Klarifikasi Masalah, (b) Pengungkapan Pendapat, (c) Evaluasi dan Pemilihan, dan (d) Implementasi, (2) Model pembelajaran creative problem solving (CPS)menggunakan pendekatan open-ended lebih efektif dari pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Pogalan. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai t_(hitung )= 2,389>t_tabel= 1,99962dan juga pada taraf signifikansi 5% menunjukkan Sig. (2-tailed) = 0.005 < 0.05, dan (3) Besarnya efektifitas model pembelajaran creative problem solving (CPS) menggunakan pendekatan open-ended untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Pogalan adalah sebesar 0,7 dengan interpretasi nilai Cohen’s adalah 76% dan termasuk kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133201 YANNA DYAH CIPTANINGRUM
Date Deposited: 13 Jul 2017 04:38
Last Modified: 13 Jul 2017 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5436

Actions (login required)

View Item View Item