SRI WULAN, 126205203266 (2024) EFEKTIVITAS KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (260kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MI Darussalam Wonodadi Blitar” yang ditulis oleh Sri Wulan, NIM. 126205203266. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H Khoirul Anam M.Pd.I Kata kunci : Efektivitas, Kurikulum Merdeka, Motivasi Belajar Siswa. Kurikulum sangat penting dalam keefektifan proses belajar mengajar. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang dibuat oleh kementrian pendidikan dalam mendukung visi pendidikan di Indonesia. Dalam kegiatan pembelajaran sudah terlihat kondusif dengan adanya buku kurikulum merdeka. Dari pengamatan yang ada di MI Darussalam Wonodadi Blitar dalam pengaplikasian kurikulum merdeka pada kegiatan belajar mengjar sudah berjalan dengan efektif. Pelakasanakan kurikulum merdeka yang dilaksanakan di kelas satu dan kelas empat di MI Darussalam Wonodadi Blitar terlihat bahwasanya peserta didik mampu menerima pelajaran dengan baik dilihat dari motivasi belajar siswa yang terbentuk dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka. Focus penelitian pada penulisan skripsi ini adalah bagaimana perencanaan, bagaimana hasil dan bagaimana hal-hal yang mendukung dan menghambat pemebelajaran kurikulum merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam perencanaan, hasil dan hal-hal yang mendukung dan menghambat pemebelajaran kurikulum merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MI Darussalam Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas yang meliputi peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka meliputi mengidentifikasi hal-hal yang memepengaruhi kegiatan belajar mengajar. Kemudian menyusun modul aja, kemudian menyiapkan perangkat pembelajaran seperti materi, metode dan media. Untuk tahap hasil pembelajaran dengan kurikulum merdeka berjalan efektif, pelaksanaan sangat menyenangkan. Adapun Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka yang pertama yaitu focus pada materi ajar dan pengembangannnya, dan kompetensi siswa, Yang kedua memetakan kemampuan anak. Yang ketiga menentukan alur tujuan pembelajaran, yang keempat menyusun modul ajar, kemudian pelaksanaan pembelajaran dan yang terakhir evaluasi. Pembelajaran dengan menggunkan kurikulum merdeka dapat meningkatkan motivasi belajar lebih meningkat. Terdapat beberapa factor pendukung dan penghambat pembelajaran. Contoh faktor pendukung yaitu fasilitas yang baik dan sarana prasarana yang memadai, contoh fator penghambat yaitu guru yang masih belum memahami mengenai kurikulum merdeka, guru yang masih kurang mahir TIK, dan siswa yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata. Cara mengatasi factor pengahmbat tersebut yaitu melakukan pemetaan dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok. Kemudian guru juga dapat lebih mengasah kemampuan dalam memahami kurikulum merdeka.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203266 SRI WULAN |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 02:10 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 02:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54409 |
Actions (login required)
View Item |