Amalia Itsna Yunita, - (2024) Korespondensi Artikel Metakognisi Mahasiswa Tadris Matematika (TMT) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. FKIP-Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Kampar.
Text
BUKTI KORESPONDENSI Amalia.docx Download (592kB) |
Abstract
Metakognisi adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting bagi mahasiswa, yang melibatkan refleksi diri terhadap proses berpikir, perencanaan strategi, pelaksanaan tugas, dan evaluasi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses metakognisi mahasiswa Tadris Matematika (TMT) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam menyelesaikan masalah matematika. Fokusnya adalah pada tiga komponen utama: perencanaan, pelaksanaan rencana, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif eksploratif dengan melibatkan tiga mahasiswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kemampuan tinggi dapat memahami konsep, melaksanakan rencana dengan akurat, dan mengevaluasi hasil meskipun belum mendalam. Mahasiswa dengan kemampuan sedang menunjukkan kesulitan menghubungkan teori dengan praktik dan sering memberikan jawaban yang salah atau tidak lengkap. Sementara itu, mahasiswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam mengenali konsep yang relevan dan merumuskan strategi penyelesaian yang logis. Penelitian ini menyarankan agar dosen lebih sering memberikan soal yang mendorong pengembangan metakognisi mahasiswa, serta membimbing mereka untuk menemukan cara lain dalam merencanakan penyelesaian dan mengevaluasi jawaban. Penelitian lanjutan disarankan untuk menentukan persentase kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah sebagai pedoman pembelajaran.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 277 Amalia Itsna Yunita, S.Si., M.Pd. |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 08:28 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 08:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54555 |
Actions (login required)
View Item |