PENGGUNAAN METODE FIELD TRIP BERBASIS ADIWIYATA DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA DI MI PERWANIDA BLITAR

FITRIA WIJAYANTI, 128505203010 (2022) PENGGUNAAN METODE FIELD TRIP BERBASIS ADIWIYATA DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA DI MI PERWANIDA BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Penggunaan Metode Pembelajaran Field Trip Berbasisa Adiwiyata dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa di MI Perwanida Blitar” ini ditulis oleh Fitria Wijayanti, NIM, 128505203010, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Pascasarjana yang dibimbing oleh Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Field Trip, Adiwiyata, Kreativitas Siswa Fenomena yang terjadi pada dunia pendidikan saat ini salah satunya adalah tujuan pembelajaran hanya dititik beratkan pada aspek pengetahuan. Sementara siswa kurang dihadapkan dengan praktik-praktik pada proses pembelajarannya. Hal ini berakibat pada kemampuan siswa yang terbatas, mereka hanya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pengetahuan tanpa dapat melakukan kegiatan praktis. Dalam hal ini maka peran guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat sangat diperlukan. Metode field trip ini sering digunakan pada proses pembelajaran pada sekolah adiwiyata. Program adiwiyata yang bertujuan untuk membentuk siswa yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui pembelajaran di sekolah, kerap kali mengharuskan siswa untuk melakukan praktik langsung pada proses pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran field trip pada sekolah adiwiyata tersebut diharapkan siswa tidak hanya memiliki potensi pada ranah kognitif saja namun juga pada ranah psikomotorik utamanya dalam pengelolaan lingkungan. Fokus penelitian adalah penggunaan metode field trip yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut pembelajaran berbasis adiwiyata dalam menumbuhkan kreatifitas siswa. Adapun pertanyaan penelitian tersebut adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada penggunaan metode filed trip berbasis adiwiyata dalam menumbuhkan kreatifitas siswa di MI Perwanida Blitar?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada penggunaan metode filed tripberbasis adiwiyatadalam menumbuhkan kreatifitas siswa di MI Perwanida Blitar? (3) Bagaimana evaluasiyang digunakan oleh guru pada penggunaan metode filed trip berbasis adiwiyata dalam menumbuhkan kreatifitas siswa di MI Perwanida Blitar? (4) Bagaimana tindak lanjut yang digunakan oleh guru pada penggunaan metode filed trip berbasis adiwiyata dalam menumbuhkan kreatifitas siswa di MI Perwanida Blitar? Berdasarkan lokasi sumber datanya penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, dan berdasarkan pada pembahasannya termasuk dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk mrnguji keabsyahan data dilakukan dengan derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergaantungan (dependability), dan kepastian (confirmability) Hasil dari penelitian ini dijelaskan bahwa bahwa pada tahap perencanaan guru menuangkan perumusan tujuan intruksional dan pemilihan teknik pada satuan perencanaan yang baik yaitu melalui RPP. Penyiapan sarana dan prasarana dilaksanakan pada sebelum hari pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan metode pembelajaran field trip merupakan implementasi dari rancangan rencana pembelajaran yang telah dibuat oleh guru, mulai dari pendahuluan, kegiatan inti hingga penutup. Proses pelaksanaan metode pembelajaran field trip dilakukan pada objek di luar kelas yang mendukung dengan kesesuaian materi pembelajaran yang sedang diajarkkan. Proses evaluasi yang dilakukan pada metode field trip di MI Perwanida adalah evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses yaitu evaluasi yang dilakukan secara langsung selama proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Evaluasi hasil dilaksanakan oleh siswa dengan membuat laporan sederhana tentang materi. Kegiatan tindak lanjut pada metode field trip di MI Perwanida meliputi kegiatan pengayaan pada aspek kognitif, dan apresiasi hasil karya siswa pada aspek psikomotorik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203010 FITRIA WIJAYANTI
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:51
Last Modified: 05 Nov 2024 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54607

Actions (login required)

View Item View Item