PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

UMI FADHILLA, 2817133197 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (954kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta didik Kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Fadhilla, NIM. 2817133197, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci : Make A Match, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, dalam penyampaian materi dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode yang monoton yakni menggunakan metode ceramah yang kurang menarik bagi peserta didik, sehingga motivasi dan semangat belajar peserta didik menurun dan itu akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Mengingat hal tersebut, sebaiknya dalam penyampaian materi pembelajaran menggunakan model atau metode yang dapat menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik akan lebih giat belajar lagi. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada materi Akhlak Terpuji, hal ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak Terpuji melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak Terpuji melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak Terpuji melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match peserta didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam siklus Penelitian Tindakan Kelas terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi. Observasi digunakan untuk mengamati aktivitas peneliti dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Wawancara digunakan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah ada termasuk foto. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan kemampuan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Akhlak Terpuji. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kerjasama peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong kurang dengan prosesntase rata-rata 69% dan pada siklus II meningkat menjadi baik dengan prosentase rata-rata 83%. Kemudian, juga terjadi peningkatan kemampuan keaktifan peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan peserta didik pada siklus I dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup dengan prosesntase rata-rata 70% dan pada siklus II meningkat menjadi baik dengan prosentase rata-rata 88%. Sedangkan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 43 dengan prosentase ketuntasan 0% , dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 73 dengan prosentase ketuntasan 71% dan setelah siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 83 dengan prosentase ketuntasan 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat Meningatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik kelas II SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133197 UMI FADHILLA
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:48
Last Modified: 15 Aug 2017 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5468

Actions (login required)

View Item View Item