ISNAINI SURYANINGSIH, 126210202076 (2024) IMPLEMENTASI METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (419kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (207kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf Download (153kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
Abstract
Isnaini Suryaningsih. 2024. Implementasi Metode Field trip dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing oleh Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Metode Field Trip, Menulis, Teks Eksposisi Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu model yang sesuai untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis teks eksposisi adalah dengan menerapkan metode field trip. Diharapkan penerapan metode field trip dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa secara keseluruhan. Fokus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan metode field trip dalam pembelajaran menulis teks eksposisi di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses penelitian melibatkan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen (teks eksposisi yang ditulis siswa). Metode field trip digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan menulis siswa dengan memberikan pengalaman belajar langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode field trip secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Nilai rata-rata menulis siswa yang sebelumnya berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mengalami peningkatan yang mencolok setelah metode ini diterapkan. Keberhasilan ini dicapai melalui perencanaan yang matang, pelaksanaan yang terstruktur, dan evaluasi yang komprehensif. Perencanaan yang matang mencakup pemilihan lokasi yang relevan dengan materi pembelajaran dan penyusunan kegiatan yang terarah untuk siswa selama kunjungan lapangan. Pelaksanaan yang terstruktur memastikan bahwa siswa dapat mengamati, mencatat, dan mengumpulkan informasi dengan efisien. Evaluasi komprehensif dilakukan melalui penilaian terhadap teks eksposisi yang dihasilkan siswa, yang menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menyusun teks yang lebih koheren dan informatif. Siswa menjadi lebih antusias dan termotivasi dalam proses pembelajaran, mampu mengembangkan ide secara lebih mendalam, dan menyusun teks eksposisi yang lebih baik. Temuan ini menyatakan bahwa metode field trip berhasil diterapkan di SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dan dapat menjadi strategi inovatif dalam pengajaran menulis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202076 ISNAINI SURYANINGSIH |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:17 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54769 |
Actions (login required)
View Item |