PENGARUH METODE CERAMAH DAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN SISWA MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NOVI FANISA'ATUR RIZKY, 126205201012 (2024) PENGARUH METODE CERAMAH DAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN SISWA MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Ceramah dan Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Muatan PPKn Siswa MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Novi Fanisa’atur Rizky, NIM 126205201012, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Yudi Krisno Wicaksono,M.IP,Kata Kunci: Metode Cermah, Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar,PPKn Latar belakang dari terlaksananya penelitian ini adalah masih digunakanya metode pembelajaran yang kurang membuat peserta didik memperoleh semangat dalam belajar dan hasil belajar yang belum maksimal. Maka dari itu, penulis akan melakukan penelitian menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode ceramah terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik muatan PPKn di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh penggunaan metode cermah dan diskusi kelompok terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik muatan PPKn MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Rancangan Penelitian:Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian Quansi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A dan III C MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode ceramah memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas III dengan hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi (2 tailled) sebesar 0,004maka Ha dapat diterima. (2) Metode diskusi kelompok berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas III dengan pengujian uji t-test menunjukkan nilai signifikansi (2 tailled) sebesar 0,000<0,004maka Ha dapat diterima. (3) besarnya pengaruh penggunaan metode ceramah di peroleh presentase sebesar 75% dan termasuk kategori rendah, sedangkan besarnya pengaruh penggunaan metode diskusi kelompok diperoleh presentase sebesar 25% dan termasuk kategori rendah juga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201012 NOVI FANISA'ATUR RIZKY
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:34
Last Modified: 11 Nov 2024 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54780

Actions (login required)

View Item View Item