UMI LATIFAH, 126201202093 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD PLUS BAITUSSALAM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (625kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (486kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (439kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
RUJUKAN .pdf Download (440kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter di SD Plus Baitussalam Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Latifah, NIM 126201202093, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. NIP. 197112281999031002 Kata kunci: Peran guru, Pendidikan Agama Islam, pembentukan karakter Pembentukan karakter sangat penting melihat kondisi moral bangsa yang semakin hari semakin memperhatinkan. Pembentukan karakter pada usia sekolah dasar harus ditanamkan dengan sungguh-sungguh, karena usia tersebut sangat kritis dalam pembentukan karakter seseorang. Guru harus membekali peserta didik dengan karakter yang baik dan budi pekerti yang mulia, melalui penanaman nilai-nilai pendidikan dan pembiasaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai leader dalam pembentukan karakter peserta didik di SD Plus Baitussalam Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai manajer dalam pembentukan karakter peserta didik di SD Plus Baitussalam Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam pembentukan karakter peserta didik di SD Plus Baitussalam Tulungagung Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai leader dalam pembentukan karakter di SD Plus Baitussalam Tulungagung adalah mengarahkan kegiatan-kegiatan yang sifatnya pembiasaan peserta didik dalam menerapkan norma agama, memimpin dan membimbing kegiatan pembinaan disiplin beribadah disekolah, mengkordinasikan kegiatan-kegiatan dakwah di sekolah dan meningkatkan wawasan keislaman peserta didik.(2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai manajer dalam pembentukan karakter di SD Plus Baitussalam Tulungagung adalah mengelola sumber belajar dan waktu, Organisasi kelas.(3)Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam pembentukan karakter di SD Plus Baitussalam Tulungagung adalah membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, memberikan pujian terhadap keberhasilan siswa, memberikan penilaian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202093 UMI LATIFAH |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 05:59 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 05:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54817 |
Actions (login required)
View Item |