GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PADA BILANGAN BULAT KELAS XI DI SLB-B NEGERI TULUNGAGUNG

TRI WULANDARI, 1880512220014 (2024) GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PADA BILANGAN BULAT KELAS XI DI SLB-B NEGERI TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Gesture Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi pada Bilangan Bulat Kelas XI di SLB-B Negeri Tulungagung” ini ditulis oleh Tri Wulandari, NIM. 1880512220014, pembimbing Dr.Maryono, M.Pd dan Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Gesture Matematis, Menyelesaikan Soal Operasi pada Bilangan Bulat Gesture matematis merupakan gerakan yang dilakukan seseorang baik pada tangan dan lengan saat sedang berbicara dan ditunjukkan secara disengaja yang berhubungan dengan matematika. Gesture merupakan bagian dari komunikasi yang bersifat non-verbal. Dengan gesture siswa dapat menyelesaikan soal matematika. Dalam menyelesaikan soal matematika gesture yang ditunjukkan oleh siswa sangat beragam. Gesture menurut Mc Neill dibagi menjadi 3 jenis yaitu gesture ikonik, gesture metaforik, gesture deiktik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan gesture matematis siswa tunarungu ringan, sedang, dan berat dalam menyelesaikan soal operasi pada bilangan bulat kelas XI di SLB-B Negeri Tulungagung. Sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran singkat tentang gesture matematis yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah SLB-B Negeri Tulungagung. Pemilihan subjek didasarkan pada tingkatan tunarungu yaitu 2 siswa tunarungu ringan, 2 siswa tunarungu sedang, 2 siswa tunarungu berat. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini diperoleh suatu gambaran tentang gesture yaitu (1) Siswa tunarungu ringan dapat menunjukkan penggunaan gesture ikonik, gesture metaforik, dan gesture deiktik dalam menyelesaikan soal operasi pada bilangan bulat dan indikator gesture terpenuhi dalam penyelesaian soal. (2) Siswa tunarungu sedang dapat menunjukkan penggunakan gesture metaforik lebih sedikit dari gesture deiktik dan paling banyak menggunakan gesture ikonik dalam menyelesaikan soal operasi pada bilangan bulat dan indikator gesture terpenuhi dalam penyelesaian soal. (3) Siswa yang berkemampuan berat menunjukkan penggunakan gesture deiktik paling sedikit. Sedangkan gesture metaforik lebih sedikit dari dan gesture ikonik pada saat menyelesaikan soal operasi pada bilangan bulat dan indikator gesture terpenuhi dalam penyelesaian soal. Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan atau referensi untuk dikembangkan dengan penelitian lanjutan dengan subjek, tempat, serta materi penelitian yang lebih beragam. Peneliti juga berharap bahwasannya peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih mendalam terkait gesture matematis siswa tunarungu dalam menyelesaikan soal matematika.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Himpunan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220014 TRI WULANDARI
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:41
Last Modified: 19 Nov 2024 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54847

Actions (login required)

View Item View Item