UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI – NILAI KEAGAMAAN MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

FADLILATUR RUHA, 12201193019 (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI – NILAI KEAGAMAAN MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lampiran lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan melalui Metode Pembiasaan di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh FADLILATUR RUHA, NIM. 12201193019, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Upaya Guru, Nilai-Nilai Keagamaan Pendidikan memiliki peranan penting dan wajib diperoleh bagi setiap manusia. Sama hal nya dengan nilai keagamaan yang harus ditamankan pada peserta didik, yang bertujuan untuk membentuk akhlak yang baik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di zaman sekarang ini yang mana masih banyak sekali remaja yang perilaku ibadah dan sopan santunnya kurang baik. Sehingga, sebagai seorang pendidik yang bertugas untuk mencerdaskan anak bangsa dan juga membentuk nilai keagamaan yang baik, maka diperlukan upaya untuk menanamkan nilai keagamaan peserta didiknya. Dengan demikian, diharapkan peserta didik akan memiliki akhlak yang baik. Berdasarkan dari fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di SMAN 1 Rejotangan sebagai objek penelitian yang memiliki nilai keagamaan yang baik seperti, pembiasaan keagamaan dan juga kedisiplinan. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana cara penanaman nilai-nilai keagamaan di SMAN 1 Rejotangan?,2)Bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui metode pembiasaan di SMAN 1 Rejotangan?,3)Bagaimana hasil guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui metode pembiasaan di SMAN 1 Rejotangan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan terkait penanaman, upaya guru PAI, dan hasil dari upaya guru PAI yang ada di SMAN 1 Rejotangan dalam menanamkan nilai keagamaan dengan pembiasaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Didalam pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Cara penanaman nilai keagamaan yang dilakukan di SMAN 1 Rejotangan melalui kegiatan pembiasaan yang selalu diterapkan oleh guru setiap hari kepada para peserta didiknya meliputi penerapan pembiasaan kegiatan ibadah. Kegiatan Pembiasaan yang diterapkan yakni, shalat dhuha, sholat dhuhur dan ashar berjamaah, membaca Al-Qur’an, menghafal surat pendek, Asmaul husna dan doa-doa harian. Pembiasaan lain yang diterapkan yakni SKU (Syarat Kecakapan Ubudiyah). 2) Upaya yang sudah diterapkan oleh guru pendidikan agama islam yaitu melakukan pembelajaran PAI di masjid. Selain itu, upaya yang dilakukan oleh guru-guru untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan peserta didiknya adalah dengan mengajarkan untuk selalu mengucapkan salam dan berjabat tangan dengan gurunya, melaksanakan program mingguan dengan infaq jum’at atau jum’at berkah dan sholat jum’at berjama’ah, pengajian bersama setiap hari jum’at, ikut serta merayakan hari besar islam,. 3) Hasil dari upaya yang sudah diterapkan oleh guru diantaranya adalah perubahan pada tingkahlaku peserta didik yang menjadi lebih baik dan disiplin dalam beribadah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193019 FADLILATUR RUHA
Date Deposited: 19 Nov 2024 08:16
Last Modified: 19 Nov 2024 08:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54879

Actions (login required)

View Item View Item