NISRINA INAYATUS SOLIKHAH, 126212201004 (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI STRUKTUR ATOM KELAS X DI MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Nisrina Inayatus Solikhah, 126212201004, 2024, “Pengembangan E–LKPD Menggunakan Pendekatan Saintifik Bermuatan Etnosains Pada Materi Struktur Atom di Kelas X MA” Skirpsi. Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M. Pd. Kata Kunci : E-LKPD, Pendekatan Saintifik, etnosains, Struktur Atom Keterbatasan bahan aja kimia di sekolah menjadi salah satu penyebab peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi struktur atom. Kurangnya integrasi antara bahan ajar dengan model pembelajaran juga menyebabkan kejenuhan dalam belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang dapat mempermudah pemahaman dan mengurangi kejenuhan peserta didik terhadap materi struktur atom. E-LKPD merupakan salah satu jenis bahan ajar elektronik yang dapat digunakan guru maupun peserta didik agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Pnggunaan pendekatan saintifik yang memiliki keunggulan dalam meningkatkan kecakapan peserta didik dalam mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Selain itu, pemanfaatan kearifan lokal atau yang dikenal dengan etnosains pada materi struktur atom dapat memberikan ketertarikan pada peserta didik. Dengan demikian, proses pembelajaran akan menjadi lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan cara pengembangan E-LKPD Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Struktur Atom Kelas X di MA. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan pengembangan E-LKPD menggunakan pendekatan saintifik bermuatan etnosains pada materi struktur atom Kelas X di MA. (3) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap E-LKPD menggunakan pendekatan saintidik bermuatan etnosains pada materi struktur atom Kelas X di MA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara digunakan untuk analisis kebutuhan pengembangan produk. Lembar validasi untuk menguji kevalidan produk yang dilakukan oleh validator ahli yaitu 1 dosen tadris kimia dan 1 guru mata pelajaran kimia. Angket respon siswa digunakan pada tahap uji coba dengan tujuan untuk mengetahui respon siswa kelas X MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Subjek penelitian 26 siswa serta diujicobakan dalam skala terbatas. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif dari hasil wawancara analisis kebutuhan, dan analisis data kuantitatif dari hasil validasi ahli dan angket respon siswa dengan menghitung presentase rata-ratanya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan E- LKPD menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Struktur Atom Kelas X MA disusun dengan menggunakan tahapan pendekatan saintifik dengan bermuatan etnosains pada setiap kegiatan pembelajaran, (2) validasi oleh ahli terhadap E- LKPD menggunakan pendekatan saintifik pada materi struktur atom kelas X MA diperoleh nilai rata-rata dari 2 validator sebesar 81,4% dengan kriteria “Valid” pada hasil validasi materi. Pada hasil validasi media mendapatkan presentase rata-rata 82% dengan kriteria “sangat valid”. Sehingga E-LKPD ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran, dan (3) Hasil angket siswa terhadap E- LKPD menggunakan pendekatan saintifik pada materi struktur atom kelas X MA diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 80% dengan kriteria “Baik”. Dengan demikian, E-LKPD ini dapat digunakan sebagai bahan ajar siswa dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Kimia > Atom Pendidikan Islam > Madrasah aliyah |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
| Depositing User: | 126212201004 NISRINA INAYATUS SOLIKHAH |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 07:35 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 07:35 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
