AIDA AURELIA MILASARI, 12201173135 (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (408kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (445kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ”Implementasi Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Campurdarat” yang ditulis oleh Aida Aurelia Milasari, NIM. 12201173135, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I Kata kunci : Strategi Active Learning, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa dalam mempelajari pendidikan agama Islam (PAI), tujuan pembelajaran PAI yang diinginkan belum tercapai secara maksimal, strategi active learning masih jarang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan guru kurang membekali kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi active learning. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Campurdarat (2) Untuk mengetahui evaluasi setelah diterapkannya strategi active learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Campurdarat (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi active learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Campurdarat. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian untuk menjadi instrumen utama dalam pengumpulan data yang diperlukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahapan: reduksi data dengan menguraikan sesuai fokus penelitian, penyajian data dalam bentuk naratif, dan penarikan kesimpulan pada tahap verifikasi data. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kegiatan pelaksanaan ini ada dua kegiatan yang dilakukan guru PAI yaitu apersepsi dan kegiatan pembelajaran aktif. (2) Evaluasi/penilaian yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam yaitu pada ranah kognitif, psikomotorik, afektif, dan remedial. (3) Faktor pendukung strategi active learning melalui sarana dan prasarana yang memadai, profesionalisme dan semangat guru, siswa yang antusias dalam pembelajaran PAI. Faktor penghambat strategi active learning yaitu kurangnya persiapan guru dan kurangnya motivasi siswa karena latar belakang kehidupan yang berbeda.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173135 AIDA AURELIA MILASARI |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 06:24 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 06:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54936 |
Actions (login required)
View Item |