STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQIH DI MTS DARISSULAIMANIYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK

HABIB MUSTOFA, 12201173380 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQIH DI MTS DARISSULAIMANIYAH KAMULAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (297kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Di Mts Darissulaimaniyah Kamulan Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Habib Mustofa, NIM. 12201173380. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Prim Masrokan Mutahor, M.Pd. Kata kunci: Strategi pebelajaran aktif, minat belajar Proses belajar merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh individu terutama seorang peserta didik untuk dapat menambah dan memperluas pengetahuan serta kemampuan berpikir. Kurikulum pendidikan sekarang ini lebih menekankan peserta didik lebih aktif. Strategi pembelajaran yang kurang tepat tentunya akan menjadi masalah seperti kurang efektifnya proses pembelajaran dan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Dengan demikian, Seorang guru harus dapat menciptakan kegiatan belajar yang bervariasi yang di dalam proses belajarnya ada keterlibatan peserta didik. guru harus menggunakan strategi yang tepat sehingga dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan secara mendalam pendekatan pembelajaran aktif dalam meningkatkan minat belajar fiqih di MTs Darissulaimaniyah desa Kamulan Kec Durenan Kab Trenggalek (2) Untuk mendeskripsikan secara mendalam metode pembelajaran aktif dalam meningkatkan minat belajar fiqih di MTs Darissulaimaniyah desa Kamulan Kec Durenan Kab Trenggalek. (3) Untuk mendeskripsikan secara mendalam teknik pembelajaran aktif dalam meningkatkan minat belajar fiqih di MTs Darissulaimaniyah desa Kamulan Kec Durenan Kab Trenggalek. (4) Untuk mendeskripsikan secara mendalam evaluasi pembelajaran aktif dalam meningkatkan minat belajar fiqih di MTs Darissulaimaniyah desa Kamulan Kec Durenan Kab Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, pmriksaan teman sejawat), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendekatan pembelajaran aktif dalam meningkatkan minat belajar fiqih di MTs Darissulaimaniyah sudah sesuai dengan perundang-undangan, yakni pendekatan yang berpusat pada siswa (studentcentred approaches). Pembelajaran menuntut keterlibatan intelektual-emosional siswa melalui asimilasi dan akomodasi koognitif untuk mengembangkan pengetahuan, tindakan serta pengalaman langsung dalam rangka membentuk keterampilan (motoric, koognitif, dan sosial), penghayatan serta internalisasi nilainilai dalam pembentukan sikap. Pendekatan pembelajaran aktif dalam pembelajarannya lebih menekankan pada aktivitas siswa yang optimal untuk memperoleh hasil belajar yang berupa perpaduan antar aspek koognitif, afektif , dan psikomotorik secara Seimbang (2) Metode pembelajaran aktif dalam meningkatkan minat belajar fiqih di MTs Darissulaimaniyah yaitu setiap guru harus mempunyai materi pelajaran yang disediakan secara aktif dengan pengetahuan yang sudah ada untuk menentukan metode yang digunakan dalam penyampaikan materi (3) Teknik pembelajaran aktif dalam meningkatkan minat belajar fiqih di MTs Darissulaimaniyah yaitu setiap guru melibatkan siswa dalam pembelajaran dan dapat menfokuskan perhatian siswa pada proses pembelajaran yang sedang berlangsung. (4) Evaluasi pembelajaran aktif dalam meningkatkan minat belajar fiqih di MTs Darissulaimaniyah dilaksanakan sebagai bentuk tolak ukur terhadap program pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Akhirat
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173380 HABIB MUSTOFA
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:03
Last Modified: 26 Nov 2024 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54940

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item