PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS TIGA MI AL MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG

Marlia Ulfa Rizka Mauliddiyah, 2817133100 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS TIGA MI AL MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung” ini ditulis oleh Marlia Ulfa Rizka Mauliddiyah, NIM. 2817133100, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo M.Pd Kata Kunci: Kooperatif, Mind Mapping, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukan permasalahan dalam pembelajaran fiqih yaitu kurang stabilnya hasil belajar peserta didik. Sebagai contoh nilai UTS peserta didik yang rendah dengan ditandai banyaknya nilai yang dibawah KKM. Nilai KKM fiqih di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung sebesar 77. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping diharapkan penguasaan materi fiqih peserta didik meningkat sehingga hasil belajar fiqih juga meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan keaktifan dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan shalat sunnah tarawih dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada peserta didik kelas tiga MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan shalat sunnah tarawih dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada peserta didik kelas tiga MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan shalat sunnah tarawih dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada peserta didik kelas tiga MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan peningkatan keaktifan dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan shalat sunnah tarawih dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada peserta didik kelas tiga MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 (2) Memaparkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan shalat sunnah tarawih dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada peserta didik kelas tiga MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan shalat sunnah tarawih dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada peserta didik kelas tiga MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Tahapan-tahapan persiklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen pegumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Indikator keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi peserta didik 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai peserta didik dengan nilai KKM 77. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan maka telah terjadi peningkatan proses belajar mengajar dan hasil belajar peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping. Hal ini dibuktikan berdasarkan pengamatan keterampilan peneliti meningkat dari 80% dengan kategori baik pada siklus satu menjadi 87,69% dengan kategori sangat baik pada siklus dua. Aktivitas peserta didik meningkat dari 87,69% dengan kategori sangat baik pada siklus satu menjadi 92,3% dengan kategori sangat baik pada siklus dua. Keaktifan belajar peserta didik meningkat dari 75% dengan kategori cukup pada siklus satu menjadi 80,77% dengan kategori baik. Kreatifitas peserta didik meningkat dari 76,92% dengan kategori baik pada siklus satu meningkat menjadi 84,61% dengan kategori baik pada siklus dua. Begitu juga dengan ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan ditunjukkan prosentase hasil belajar 43,47% dengan kategori sangat kurang pada tes awal (pre test) setelah mendapat penanganan pada siklus satu hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 50% dengan kategori sangat kurang. Pada siklus dua hasil belajar meningkat lagi menjadi 80,95% dengan kategori baik. Dari hasil belajar pada siklus dua telah menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar fiqih peserta didik kelas tiga MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: skripsi 2817133100 marlia
Date Deposited: 25 Jul 2017 06:41
Last Modified: 25 Jul 2017 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5501

Actions (login required)

View Item View Item