PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

NAHDIA DZANNURROINI, 126212202067 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (820kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Phenomenon Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa” ini ditullis oleh Nahdia Dzannurroini, NIM 126212202067. Pembimbing Nimatul Khoiroh, M.Si. Kata kunci : E-modul, Phenomenon Based Learning, asam basa Pengembangan e-modul berbasis fenomena untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa merupakan suatu langkah progresif dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan analitis siswa dalam kimia. Materi asam basa adalah salah satu konsep yang kompleks dalam bidang kimia, dan keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk memahaminya dengan baik. E-Modul ini dirancang untuk menyajikan materi asam basa melalui pendekatan berbasis Phenomenon Based Learning, di mana fenomena-fenomena alam atau situasi sehari-hari yang terkait dengan sifat-sifat asam dan basa digunakan sebagai titik awal pembelajaran. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mengaitkan konsep-konsep abstrak dengan konteks yang konkret, sehingga memperkuat pemahaman mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kualitas e-modul berbasis Phenomenon Based Learning pada materi asam basa ditinjau dari segi isi, penyajian, bahasa, dan tampilan/desain e-modul,(2) Menganalisis respon guru dan siswa terhadap e-modul berbasis Phenomenon Based Learning pada materi asam basa untuk melatih keteranpilan berpikir kritis, (3) Menganalisis validitas e-modul berbasis Phenomenon Based Learning pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan, namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai 7 tahapan. Subjek pada penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru kimia dan siswa MA Sunan Kalijogo Kediri. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dari angket uji kelayakan, uji respon guru, uji respon siswa dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data yang dilakukan dengan cara dianalisis deskriptif kuantitatif dan deskripstif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) E-modul berbasis Phenomenon Based Learning pada materi asam basa menggunakan Heyzine Flipbook dan dikembangkan menggunakan model Borg & Gall yang dimodifikasi mejadi 7 tahapan, yaitu persiapan, perencanaan, desai produk, uji lapangan awal, revisi desain, uji coba lapangan dan uji coba terbatas, revisi. (2) E-modul yang dikembangkan dinyatakan layak oleh validator ahli materi dan media diperoleh sebesar 75,24% (baik/layak), (3) Hasil angket respon guru sebesar 61,5% (baik), dan respon siswa sebesar 64,25% (baik). Berdasarkan hasil tersebut diidentifikasi bahwa e-modul pembelajaran berbasis Phenomenon Based Learning layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202067 NAHDIA DZANNURROINI
Date Deposited: 05 Dec 2024 01:35
Last Modified: 05 Dec 2024 01:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55016

Actions (login required)

View Item View Item