M. ABI DZAR AL GHIFFARI, 12204183085 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTsN 1 JOMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (905kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (196kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTsN 1 Jombang Tahun Ajaran 2021/2022” ditulis oleh M. Abi Dzar Al Ghiffari. NIM. 12204183085, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbuyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, GeoGebra, Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan kurangnya variatif model pembelajaran di dalam kelas, yang mengakibatkan membuat siswa pasif dan pembelajaran cenderung membosankan. Sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media pendukung yaitu aplikasi GeoGebra dimana hal tersebut membuat siswa agar menjadi lebih aktif dan tertarik dengan pembelajaran serta dapat memahami konsep secara maksimal. Adapun tujuan dari peneltian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Jombang, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Jombang, 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Jombang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 1 Jombang. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian adalah cluster random sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas kontrol (30 siswa) dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen (30 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Data penelitian ini diambil dari nilai Post-test yang kemudian dianalisis menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Jombang, pada taraf signifikansi sebesar 0,024. 2) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Jombang, pada taraf signifikansi sebesar 0,005. 3) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 1 Jombang, pada taraf signifikansi sebesar 0,010.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204183085 M. Abi Dzar Al Ghiffari |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:20 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55054 |
Available Versions of this Item
- PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTsN 1 JOMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022. (deposited 09 Dec 2024 03:20) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |