ANISA DWI KURNIASARI, 12206183027 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD TERPADU ALKAMAL KUNIR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (989kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Terpadu AlKamal Kunir” ini di tulis oleh Anisa Dwi Kurniasari, NIM. 12206183027, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,Tahun 2024, di bimbing oleh Bapak Abdul Aziz Faradi, M.Hum. NIP. 198404142014031004 Kata Kunci : Media Flash Card, Kemampuan Mengenal Warna Dalam pembelajaran guru biasanya menggunakan media pembelajaran sebagai perantara dalam menyampaikan materi agar dapat dipahami oleh peserta didik. Pemakaian media pembelajaran dalam pembelajaran dapat mengembangkan minat dan memotivasi terhadap pembelajaran.Pemanfaatan media pembelajaran tidak terlepas dari perhatian guru untuk meningkatkan kemampuan anak. Dengan media pembelajaran seorang pendidik memerlukan perantara atau disebut media pembelajaran, guru dapat mengalihkan perhatian siswa, agar tidak cepat bosan dan jenuh dalam proses belajar mengajar Oleh karena itu, peneliti mengembangkan penelitian berupa media flash card untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan proses pengembangan penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun. 2) Untuk menjelaskan kelayakan pengembangan media flash card untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun. Metode penelitian skripsi ini menggunakan prosedur pengembangan menurut Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Peneliti melakukan 6 prosedur karena keterbatasan waktu dan tenaga yaitu : 1)Potensi masalah; 2)Pengumpulan data; 3) Desain produk; 4) Validasi desain; 5) Revisi produk; dan 6) Uji Coba Produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan 1)media flash card untuk meningkatkan kemampuan menegenal warna pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Terpadu Al-Kamal Kunir dengan model Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono menggunakan 6 prosedur saja. 2) Kelayakan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menegenal warna pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Terpadu Al-Kamal Kunir dibuktikan dengan hasil validasi ahli media layak dan ahli materi sangat layak. Serta dibuktikan berdasarkan uji perorangan nilai pretest dan posstest serta adanya peningkatan kemampuan mengenal warna pada anak. Dengan hasil yaitu uji perorangan nilai pretest 55% dengan kategori BSH dan nilai rata- rata kelas posttest 75%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183027 ANISA DWI KURNIASARI |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 01:31 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 01:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55092 |
Actions (login required)
View Item |