MUCHAMAD KHASAN NOTO RAHARJO, 126209202081 (2024) PERAN PENGURUS OSIS SEBAGAI KELOMPOK SOSIAL FORMAL GROUP DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWADI MTS AS-SYAFI’IYYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (437kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Abstrak Skripsi dengan judul “Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sebagai Kelompok Sosial Formal Group Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs As-Syafi’iyyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Muchamad Khasan Noto Raharjo, NIM 126209202081, Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah motivasi belajar siswa yang ada di MTs As-Syafi’iyyah Gondang Tulungagung. Diketahui bahwa beberapa siswa kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Namun disamping itu ketika mengikuti kegiataan kelompok sosial formal yang ada di sekolah mereka nampak semangat dalam berkegiatan. Kelompok sosial formal yang ada di sekolah ini yaitu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang mana OSIS memiliki progam-progam yang dapat berperan dalam motivasi belajar siswa, baik siswa yang tergabung didalamnya, maupun siswa lain yang tidak tergabung. Sehingga kelompok sosial formal Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) ini juga memiliki keterlibatan dengan motivasi belajar siswa.Sehubungan dengan hal tersebut terdapat beberapa tujuan yang mendasari penelitian ini, yakni untuk mengetahui tentang motivasi belajar siswa yang terbentuk, kemudian tentang peran progam-progam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap motivasi belajar siswa, dan yang terakhir tentang keterlibatan peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diambil langsung di lapangan. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan metode triangulasi waktu, triangulasi sumber, dan triangulasi tekhnik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa yang terbentuk di MTs As-syafi’iyyah Gondang Tulungagung sangat beragam yang mana motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti minat, bakat, gaya belajar, pengaruh lingkungan, dan pengalaman pribadi. (2) Peran progam-progam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Mts As-Syafi’iyyah Gondang Tulungagung ini memiliki dampak positif bagi siswa, yaitu meningkatkan motivasi belajar, kekompakan, semangat belajar, dan kemampuan mengatur waktu. (3) Keterlibatan siswa dalam OSIS memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan motivasi belajar, mengembangkan karakter kepemimpinan, dan meningkatkan rasa memiliki siswa terhadap sekolah. Kata Kunci : Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Motivasi Belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209202081 MUCHAMAD KHASAN NOTO RAHARJO |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 07:54 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 07:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55107 |
Actions (login required)
View Item |