PERAN GURU IPS DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 1 KUNJANG KEDIRI

AHMAD ZAKY MUTTAQIEN, 126209201043 (2024) PERAN GURU IPS DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 1 KUNJANG KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Muttaqien, A Zaky , 2024. Peran Guru IPS Dalam Menanamkan Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa di SMP Negeri 1 Kunjang Kediri Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung . Pembimbing. Dr. Yudi Krisno Wicaksono. M.IP Kata Kunci : Peran Guru, Pendidikan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab, Pembelajaran IPS. Salah satu aspek terpenting dalam pendidikan formal dan informal di lembaga pendidikan adalah pendidikan karakter. Dua jenis karakter yang harus dibentuk adalah disiplin dan tanggung jawab. Kepemilikan disiplin dan tanggung jawab adalah kualitas yang sangat dihargai, karena karakter memainkan peran penting dalam interaksi sosial sehari-hari seseorang. Membantu, berkelompok, dan bersosialisasi semuanya termasuk di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pendekatan guru dalam mengajar pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Kunjang Kediri yang menanamkan nilai-nilai karakter disiplin dan tanggung jawab. (2) Menentukan apa yang memotivasi dan apa yang menghalangi pendidik untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa mereka melalui pembelajaran IPS di kelas VIII A SMP Negeri 1 Kunjang Kediri. (3) untuk mengetahui hasil dari teknik pembelajaran IPS yang digunakan untuk membangun nilai-nilai karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kunjang Kediri. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Dalam mengumpulkan data, metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan Miles dan Huberman digunakan dalam desain penelitian ini, yang menggunakan teknik analisis deskriptif melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil dari strategi guru IPS dalam pelaksanaan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap siswa kelas VIII A melalui kegiatan memotivasi maka siswa menjadi semangat dalam disiplin dan tanggung jawab terhadap amanah yang diemban yaitu sebagai siswa. Melalui keteladanan, Siswa telah berhasil menerapkan dan menanamkan bentuk-bentuk kedisiplinan dan tanggung jawab dalam hal berpakaian, waktu, dan tugas melalui partisipasi aktif mereka dalam pembelajaran di kelas. Hal ini ditunjukkan dengan partisipasi aktif siswa dalam berdiskusi, keaktifan siswa dalam menyelesaikan dan mengumpulkan tugas yang diberikan guru, semangat belajar siswa yang selalu tinggi, pembiasaan diri yang telah diterapkan guru IPS, kemampuan guru IPS dalam melatih siswa untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam hal beribadah, kebiasaan siswa untuk menolong orang lain dan orang tua, serta penampilan siswa yang disiplin dan bertanggung jawab, dengan melakukan upaya untuk memberikan sanksi kepada siswa yang melakukan pelanggaran agar mereka tidak mengulanginya lagi dan mendorong mereka untuk lebih sadar akan kewajiban mereka sebagai pelajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201043 AHMAD ZAKY MUTTAQIEN
Date Deposited: 13 Dec 2024 01:23
Last Modified: 13 Dec 2024 01:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55141

Actions (login required)

View Item View Item