STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI BLITAR

SAILA ROSYIDAH, 126201201057 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Blitar” ditulis oleh Saila Rosyidah, NIM. 126201201057, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo,M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis, Hasil Belajar Konteks penelitian di latarbelakangi oleh adanya problematika pembelajaran siswa hanya diarahkan kepada kemampuan menghafal dan mengingat informasi akibatnya siswa cenderung pasif, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar rendah berujung tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk menciptakan proses pembelajaran optimal dan menyenangkan diperlukan strategi tepat yakni problem based learning yang mampu menekankan keaktifan dan kemandirian siswa dalam menyelesaikan masalah sehingga kemampuan berpikir kritis dan hasil belajarnya meningkat. Fokus penelitian ini (1) Bagaimana perencanaan strategi PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Blitar? (3) Bagaimana evaluasi strategi PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menerapkan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan strategi pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Blitar yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, memilih topik masalah, merancang pertanyaan pemantik, menetapkan peran tanggung jawab siswa dan menyusun modul ajar. (2)Pelaksanaan strategi pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Blitar melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti pembelajaran dan kegiatan penutup pembelajaran. (3) Evaluasi strategi pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Blitar yaitu menelaah kemampuan identifikasi masalah, menelaah kemampuan pembelajaran sendiri, menelaah kemampuan diskusi kelompok, menelaah kemampuan pemecahan masalah, menelaah kemampuan penyajian masalah, melakukan refleksi serta melakukan asesmen formatif dan sumatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201057 SAILA ROSYIDAH
Date Deposited: 16 Dec 2024 06:25
Last Modified: 16 Dec 2024 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55178

Actions (login required)

View Item View Item