IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN LUBABUL FATTAH TUNGGULSARI KEDUNGWARU TULUNGGAGUNG

KHARISMA ALFIYATUS SA’ADAH, 126201202123 (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN LUBABUL FATTAH TUNGGULSARI KEDUNGWARU TULUNGGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (720kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (726kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kharisma Alfiyatus Sa’adah, NIM. 126201202123. “Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lubabul Fattah Tunggulsari Kedungwaru Tulungagung.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN) Tulungagung, 2024. Pembimbing: Dr.Hj. Chusnul Chotimah, M.Pd.I. Kata Kunci: Program Tahfidz Al-Qur’an, Kualitas Hafalan Santri, Pondok Pesantren Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan yaitu banyaknya kesibukan dan managemen waktu yang minim menjadi alasan kualitas hafalan santri yang kurang bagus. Oleh karena itu, adanya sebuah program tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren menjadi salah satu wadah bagi para penghafal Al-Qur’an untuk meningkatkan kualitas hafalan santri. Pada zaman sekarang ini, banyak kita jumpai pondok pesantren tahfidzul qur’an yang santrinya juga mengenyam pendidikan formal. Akan tetapi hal tersebut, tidak menutup kemungkinan tidak berhasilnya santri dalam menghafal Al-Qur’an. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi program binnadzor (encoding) dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lubabul Fattah? (2) Bagaimana implementasi program muroja’ah (storage) dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lubabul Fattah? (3) Bagaimana pelaksanaan program tasmi’ (retrieval) dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lubabul Fattah? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pedekatan jenis kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lubabul Fattah Tunggulsari Kedungwaru Tulungagung. Sumber data diperoleh dari pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Lubabul Fattah, ustadzah serta santri. Peneliti menggunakan meode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Implementasi program binnadzor (enconding) dalam meningkatkan kualitas hafalan santri adalah implementasi yang berbasis pada kemampuan. (2) Implementasi program muroja’ah (storage) dalam meningkatkan kualitas hafalan santri adalah implementasi dilakukan secara circle dan berkelanjutan. (3) Implementasi program tasmi’ (retrieval) dalam meningkatkan kualitas hafalan santri adalah implementasi yang berbasis pada capaian

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202123 KHARISMA ALFIYATUS SA'ADAH
Date Deposited: 18 Dec 2024 02:42
Last Modified: 18 Dec 2024 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55180

Actions (login required)

View Item View Item