ANALISIS RELASI SINGLE PARENT DAN ANAK DALAM MEWUJUDKAN BELAJAR YANG EFEKTIF PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA GENENGAN KECAMATAN DOKO KABUPATEN BLITAR

HANIKA GUSTANTI, 12209173035 (2022) ANALISIS RELASI SINGLE PARENT DAN ANAK DALAM MEWUJUDKAN BELAJAR YANG EFEKTIF PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA GENENGAN KECAMATAN DOKO KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (874kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Relasi Singel Parent dan Anak dalam Mewujudkan Belajar yang Efektif pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Hanika Gustanti, NIM 12209173035, Pembimbing Drs. H. Jani M.M., M.Pd. Kata kunci: Relasi, single parent, belajar efektif, covid-19, pandemi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh single parent yang memiliki kesulitan dalam mengasuh anak. Hal tersebut ditambah dengan kondisi pandemi yang mewajibkan siswa belajar secara daring melalui internet. Banyak anak mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan dalam belajar. Relasi orangtua sangat penting dalam pembelajaran. Namun berdasarkan fakta lapangan menunjukkan bahwa mayoritas single parent mengalami hambatan dalam membimbing anak mereka dalam belajar online. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana relasisingle parent dan anak dalam mewujudkan belajar yang efektif pada masa pandemi covid-19 di Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar? (2) Apa hambatansingle parent dan anak dalam mewujudkan belajar yang efektif pada masa pandemi covid-19 di Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar?. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan (1) relasisingle parent dan anak dalam mewujudkan belajar yang efektif pada masa pandemi covid-19 di Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. (2) hambatansingle parent dan anak dalam mewujudkan belajar yang efektif pada masa pandemi covid-19 di Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti berperan hanya sebagai pengamat terhadap fenomena yang diteliti. Lokasi penelitian adalah desa Genengan, kecamatan Doko, kabupaten Blitar Jawa Timur. Responden penelitian ada tiga orang yakni bapak Sunoto, ibu Umi, dan ibu Siti yang masing-masing adalah single parent yang telah memiliki anak dan berusia pada jenjang pendidikan SD dan diatasnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis dengan mengacu pada teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwasingle parent membentuk relasi kepada anak dengan cara mendekati anak secara mendalam serta orang tua mencoba untuk menghadirkan orang lain yang lebih mampu dalam mencukupi kebutuhan psikis anak dalam mendampingi belajar sehingga sang anak dapat berfokus pada pembelajaran di era pandemi secara lebih efektif. Hambatan yang dialami single parent dalam membimbing anaknya adalah kurangnya pemahaman materi pembelajaran sang anak, kesulitan ekonomi, serta kondisi fisik yang menua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173035 HANIKA GUSTANTI
Date Deposited: 19 Dec 2024 05:48
Last Modified: 19 Dec 2024 05:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55239

Actions (login required)

View Item View Item