MOHAMMAD RAFLI AGNA FIRMANSYAH, 126204202107 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR METAFORIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI SELF EFFICACY KELAS XI MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (845kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (385kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Metaforis Siswa dalam menyelesaikan Masalah Program Linear Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas MA MA’arif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Mohammad Rafli Agna Firmansyah, NIM. 126204202107, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Berpikir Metaforis, Penyelesaian Masalah, Self Efficacy Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah siswa belum terbiasa menyelesaikan soal-soal berbasis pemecahan masalah. Faktor lainnya adalah siswa belum terbiasa untuk berpikir metaforis dalam pemecahan masalah. Berpikir metaforis adalah proses mengubah suatu materi dari ide yang satu ke ide yang lain atau menghubungkan masalah matematika dengan kehidupan nyata serta pengalaman matematika yang sudah diperoleh. Selain itu terdapat faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir metaforis siswa yakni self efficacy. Self efficacy merupakan keyakinan seorang siswa terhadap kemampuannya dalam mencapai tujuan dan melakukan tugas. Siswa memiliki self efficacy yang beragam sehingga terdapat perbedaan dalam kemampuan berpikir metaforisnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir metaforis siswa dengan self efficacy rendah di kelas XI MA Ma’arif NU Kota Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir metaforis siswa dengan self efficacy sedang di kelas XI MA Ma’arif NU Kota Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir metaforis siswa dengan self efficacy tinggi di kelas XI MA Ma’arif NU Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data melalui angket, tes, dan wawancara. Pada analisis data menggunakan model Miles and Huberman antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tempat penelitian ini di MA Ma’arif NU Kota Blitar. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dengan self efficacy rendah, 2 siswa dengan self efficacy sedang, dan 2 siswa dengan self efficacy tinggi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan self efficacy rendah hanya memenuhi indikator berpikir metaforis connect, relate, dan explore belum memenuhi indikator analyze, transform, dan experience. (2) Siswa dengan self efficacy sedang memenuhi indikator berpikir metaforis connect, relate, explore, dan analyze belum memenuhi indikator transform, dan experience. (3) Siswa dengan self efficacy tinggi mampu memenuhi indikator berpikir metaforis connect, relate, explore, analyze, transform, dan experience.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202107 MOHAMMAD RAFLI AGNA FIRMANSYAH |
Date Deposited: | 20 Dec 2024 01:28 |
Last Modified: | 20 Dec 2024 01:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55253 |
Actions (login required)
View Item |