IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODUL AJAR GURU KELAS B DI TK DHARMA WANITA DOROAMPEL

NILAM CAHYATUL MAHMUDAH, 126206202050 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODUL AJAR GURU KELAS B DI TK DHARMA WANITA DOROAMPEL. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nilam Cahyatul Mahmudah NIM 126206202050. Implementasi Kurikulum Merdeka Menggunakan Modul Ajar Guru Kelas B di TK Dharma Wanita Doroampel Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Ibu Etty Zakiya Pratiwi, M.Pd. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Guru Kelas B Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Keresahan pendidik TK di sumbergempol adanya sebuah konsep kurikulum baru yang mucul pada tahun 2020, dan diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Wanita Doroampel Tulungagung karena hasil survei peneliti sekecamatan sumbergempol hanya TK ini yang telah melaksanakan implementasi kurikulum merdeka. Salah satu strategi implementasi kurikulum merdeka di TK Dharma Wanita Dorampel adalah dengan menggunakan modul ajar yang dirancang oleh guru kelas b dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi lingkungan sekitar Penggunaan modul ajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka juga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. TK Dharma Wanita Doroampel siap untuk menjalankan Implementasi Kurikulum Merdeka ialah sudah melaksanakan perencanaan pembelajaran mandiri di tahun sebelumnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Bagaimanakah perencanaan pembelajaran pada modul ajar guru kelas B dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di TK Dharma Wanita Doroampel? (2)Bagaimanakah pembelajaran pada modul ajar guru kelas B dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di TK Dharma Wanita Doroampel? (3)Bagaimanakah asesmen pembelajaran pada modul ajar guru kelas B dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di TK Dharma Wanita Doroampel ?. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaknik berupa observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi yang dilakukan di TK Dharma Wanita Doroampel Tulungagung. Analisis data dengan pengumpulan data, penyajian data dan penyimpulan hasil penelitian. Pengecekan data menggunakan Triangulasi (Triangulasi sumber, tekhnik, dan waktu), perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran pada modul ajar guru kelas B dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di TK Dharma Wanita Doroampel mencakup peningkatan kemampuan literasi, keterampilan sosial, pemahaman nilai-nilai kebangsaan kebangsaan, pengembangan kreativitas, dan pembentukan karakter siswa yang aktif dan peduli lingkungan serta masyarakat. (2) Kegiatan pembelajaran pada modul ajar kelas B dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di TK Dharma Wanita Doroampel dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan siswa, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan menyenangkan agar siswa dapat belajar dengan baik. (3) Asesmen pembelajaran pada modul ajar guru kelas B dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di TK Dharma Wanita Doroampel memilih metode asesmen catatan anekdot; ceklis; hasil karya; dan foto berseri, yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta modul ajar yang digunakan, serta untuk memberikan umpan balik yang konstruktif pada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202050 NILAM CAHYATUL MAHMUDAH
Date Deposited: 20 Dec 2024 01:37
Last Modified: 20 Dec 2024 01:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55255

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item